HUBUNGAN KETERPAPARAN SINAR MATAHARI TERHADAP GEJALA RINITIS PADA USIA LANJUT DI KECAMATAN GROGOL JAKARTA BARAT PERIODE JUNI-NOVEMBER 2015

Anisa, Rizka and Dewi, Sari Mariyati HUBUNGAN KETERPAPARAN SINAR MATAHARI TERHADAP GEJALA RINITIS PADA USIA LANJUT DI KECAMATAN GROGOL JAKARTA BARAT PERIODE JUNI-NOVEMBER 2015. HUBUNGAN KETERPAPARAN SINAR MATAHARI TERHADAP GEJALA RINITIS PADA USIA LANJUT DI KECAMATAN GROGOL JAKARTA BARAT PERIODE JUNI-NOVEMBER 2015.

[img] Text
buktipenelitian_10402001_10A215551.pdf

Download (268kB)

Abstract

Gejala rhinitis, seperti hidung tersumbat, hidung berair, hidung gatal dan bersin, merupakan salah satu gejala yang sering dijumpai pada lansia. Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan struktur dan fisiologi saluran pernafasan, terutama respon imun alamiah pada lansia. Selain itu kurangnya asupan vitamin D juga mempengaruhi respon imun alamiah tersebut. Pada penelitian sebelumnya didapatkan bahwa sinar UV yang terdapat pada sinar matahari dapat memperbaiki regulasi respon imun alamiah sehingga mengurangi gejala inflamasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh paparan UV sinar matahari terhadap kekerapan terjadinya gejala rhinitis pada lansia. Penelitian dengan metode analitik cross sectional ini dilakukan terhadap 254 lansia di Kecamatan Grogol Jakarta Barat. Sampel dibagi dalam 2 kelompok, yang terpapar matahari dan yang tidak terpapar matahari. Pada hasil didapatkan kelompok yang yang terpapar matahari lebih jarang atau memiliki frekuensi lebih sedikit mengalami gejala rinitis. Berdasarkan uji statistik pearson chi square, didapatkan hasil yang bermakna (p-value <0,05) antara terpapar sinar matahari dengan frekuensi timbulnya gejala rinitis pada lansia. Hal ini menunjukan bahwa sinar UV pada sinar matahari salah satu vitamin D yang disintesis oleh paparan sinar matahari sangat baik untuk mengurangi inflamasi hidung pada lansia.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 29 Dec 2020 08:19
Last Modified: 29 Dec 2020 08:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/13954

Actions (login required)

View Item View Item