Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Pengetahuan dalam Penggunaan Antibiotik di Lingkungan SMA/SMK Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi

Handayanti, Luthfi and Gunawan, Shirly Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Pengetahuan dalam Penggunaan Antibiotik di Lingkungan SMA/SMK Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi. Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Pengetahuan dalam Penggunaan Antibiotik di Lingkungan SMA/SMK Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi.

[img] Text
buktipenelitian_10402002_10A065154.pdf

Download (634kB)

Abstract

Antibiotik merupakan obat anti infeksi yang sering digunakan masyarakat. Meningkatnya jumlah penyakit infeksi, membuat penggunaan antibiotik juga meningkat. Tingginya penggunaan antibiotik serta adanya penggunaan antibiotik tanpa resep dokter sehingga penggunaan antibiotik menjadi irasional akan menimbulkan terjadinya resistensi. Faktor utama terjadinya resistensi yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat terkait penggunaan antibiotik. Pengetahuan memiliki peran penting dalam membentuk kepercayaan dan sikap mengenai perilaku tertentu. Semakin tinggi tingkat pendidikan semakin baik juga pengetahuan terhadap penggunaan antibiotik. Studi ini bertujuan agar dapat mengetahui adanya hubungan tingkat pendidikan dengan pengetahuan dalam penggunaan antibiotik. Studi analitik, cross sectional dilakukan pada 187 responden di dua SMA/SMK Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi pada tahun 2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Data dianalisa menggunakan metode chi square. Didapatkan sebanyak 49,7% responden memiliki latar belakang pendidikan SMP, diikuti 36,4% perguruan tinggi dan 13,9% SMA. Mayoritas responden memiliki tingkat pengetahuan buruk (52,4%) dalam penggunaan antibiotik. Terdapat hubungan bermakna antara tingkat pendidikan dengan pengeahuan dalam penggunaan antibiotik di lingkungan SMA/SMK Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi (p value = 0,004).

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 29 Dec 2020 08:26
Last Modified: 29 Dec 2020 08:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/13957

Actions (login required)

View Item View Item