Gambaran Perilaku Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Kulit, Rambut, Kuku di Komunitas Sahabat Anak Grogol, Jakarta Barat periode Februari 2020

Song, Chrismerry Gambaran Perilaku Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Kulit, Rambut, Kuku di Komunitas Sahabat Anak Grogol, Jakarta Barat periode Februari 2020. Gambaran Perilaku Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Kulit, Rambut, Kuku di Komunitas Sahabat Anak Grogol, Jakarta Barat periode Februari 2020.

[img] Text
buktipenelitian_10402012_10A192056.pdf

Download (424kB)

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas kesehatan seseorang. Salah satu tindakan PHBS adalah menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Beberapa penyakit yang dapat terjadi akibat kurangnya kebersihan kulit, kuku, dan rambut seperti infeksi bakteri, parasit, virus, maupun jamur, dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. Masih banyak anak jalanan dan kaum marjinal binaan Sahabat Anak yang menderita penyakit kulit, rambut berkutu, dan diare hilang timbul, sampai memerlukan perawatan di RS. Diduga kondisi tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan mengenai cara pencegahan maupun penularan penyakit tersebut. Solusi yang tepat adalah memberikan edukasi lewat penyuluhan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, rambut, dan kuku, serta cara melakukan tindakan tersebut, sehingga dapat terbentuk perilaku hidup sehat dan bersih. Responden penelitian sebanyak 47 orang, dengan rentang usia 10 – 19 tahun, didominasi perempuan. Sebanyak 11 (23,40%) orang bekerja > 8 jam sehari di jalan, 33 (70,21%) orang berpengetahuan baik, 44 (93,61%) orang memiliki sikap yang baik, namun hanya 10 (21,28%) orang yang memiliki tindakan yang baik dalam menjaga kesehatan dan kebersihan rambut, kulit, dan kuku. Pengetahuan dan sikap yang baik namun tidak diikuti tindakan yang baik dalam melakukan PHBS tetap akan meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit. Dibutuhkan perubahan perilaku sehingga diharapkan dapat mengurangi risiko penyakit pada anak binaan komunitas Sahabat Anak Grogol.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 29 Dec 2020 08:33
Last Modified: 29 Dec 2020 08:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/13960

Actions (login required)

View Item View Item