PENGALAMAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH KEPANITERAAN ILMU KESEHATAN ANAK SELAMA PSBB DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Pambudi, Wiyarni and Herwanto, Herwanto and Farah, Fransiska and Kristanto, Eko and Mantu, Melani Rahmi and Dewanto, Naomi Esthernita Fauzia PENGALAMAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH KEPANITERAAN ILMU KESEHATAN ANAK SELAMA PSBB DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA. PENGALAMAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH KEPANITERAAN ILMU KESEHATAN ANAK SELAMA PSBB DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
buktipenelitian_10408005_5A165438.pdf

Download (288kB)

Abstract

Pengalaman pembelajaran jarak jauh merupakan proses pembelajaran adaptif akibat situasi pandemi bagi mahasiswa kepaniteraan lmu Kesehatan Anak. Studi ini adalah survei potong lintang terhadap mahasiswa yang telah mengikuti rotasi PJJ kepaniteraan IKA periode Maret-Juni 2020. Data kuesioner yang diisi oleh 109 dari 167 mahasiswa peserta PJJ kepaniteraan IKA menyatakan pembelajaran interaksi tatap muka lebih disukai dibandingkan diskusi daring (90%) dengan 69/109 mahasiswa mengakui waktu yang disisihkan untuk belajar kurang dari 4 jam per hari. Meskipun 72/109 merasa tidak mengalami kendala untuk beralih metode pembelajaran menjadi diskusi daring dan 77/109 merasakan proses PJJ cukup mudah diikuti sesuai ekspektasi dengan 92/109 dapat mencapai target pembelajaran, namun mahasiswa dengan waktu belajar kurang dari 4 jam per hari memiliki risiko 7,3 kali tidak dapat mencapai target pembelajaran secara bermakna (p=0,007), dan mahasiswa yang kurang aktif berdiskusi memiliki risiko 7,9 kali gagal memperoleh nilai kognitif 70 (batas kelulusan rotasi kepaniteraan) secara bermakna (nilai p=0,000). Penilaian pencapaian target pembelajaran, kesesuaian jadwal dan program PJJ, peran dosen perseptor menurut mahasiswa peserta PJJ kepaniteraan IKA menunjukkan perbedaan yang bermakna (nilai p 0,031) antar kelompok. Keterampilan berkomunikasi efektif, bekerja sama dalam tim, dan pemahaman tata kelola pasien secara holistik merupakan kompetensi yang belum sepenuhnya dapat diantisipasi dengan metode PJJ, sehingga masih harus diperkaya dengan rotasi kepaniteraan konvensional (bedsite teaching).

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 29 Dec 2020 08:50
Last Modified: 29 Dec 2020 08:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/13964

Actions (login required)

View Item View Item