DESAIN DASHBOARD UNTUK PENDUKUNG SISTEM CERDAS ANALISIS KESESUAIAN KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN SUMBERDAYA PEMBANGUNAN DESA MANDIRI

Trisnawarman, Dedy and Rusdi, Zyad DESAIN DASHBOARD UNTUK PENDUKUNG SISTEM CERDAS ANALISIS KESESUAIAN KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN SUMBERDAYA PEMBANGUNAN DESA MANDIRI. DESAIN DASHBOARD UNTUK PENDUKUNG SISTEM CERDAS ANALISIS KESESUAIAN KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN SUMBERDAYA PEMBANGUNAN DESA MANDIRI.

[img] Text
buktipenelitian_10802010_4A110021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah perancangan dashboard dari suatu sistem cerdas untuk membantu pengambilan keputusan pembangunan desa. Model yang diusulkan terdiri dari dua bagian yaitu model penilaian kesesuaian kebutuhan dan ketersediaan sumberdaya (MPK3S) dan model evaluasi dan monitoring kinerja. Data yang diperoleh baik data primer maupun data skunder diintegrasikan dalam bentuk pemodelan data untuk analisis multidimensional yaitu data warehouse dan proses ETL (Extract, Transform and Load). Metode yang digunakan dalam model pertama (MPK3S) adalah gabungan /hybrid beberapa metode MCDA (Multi Criteria Decision Making) seperti AHP (Analitical Hierarcy Process), electre, serta algoritma cerdas data mining untuk klasifikasi dan prediktif. Penelitian ini menghasilkan suatu model evaluasi dan monitoring kinerja menggunakan metode perhitungan KPI (key perfomance indicator) dan Perfomance Prism dalam aplikasi digital dashboard. Hasil akhir dari penelitian adalah sebuah aplikasi sistem cerdas yang mampu membantu dalam pengambilan keputusan untuk menentukan prioritas masalah pembangunan desa, menentukan alternatif solusi masalah pembangunan dan melakukan monitoring serta evaluasi kinerja.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 04 Jan 2021 09:12
Last Modified: 04 Jan 2021 09:16
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/14177

Actions (login required)

View Item View Item