Kewenangan Hakim terhadap adanya ketentuan pidana minimal terkait tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh Anggota TNI : analisis Putusan Nomor 108-K/PM.II-09/AD/IV/2015 / Rizky Meidiawan

Mediawan, Rizky Kewenangan Hakim terhadap adanya ketentuan pidana minimal terkait tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh Anggota TNI : analisis Putusan Nomor 108-K/PM.II-09/AD/IV/2015 / Rizky Meidiawan. Kewenangan Hakim terhadap adanya ketentuan pidana minimal terkait tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh Anggota TNI : analisis Putusan Nomor 108-K/PM.II-09/AD/IV/2015 / Rizky Meidiawan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tugas Hakim adalah menyelesaikan perkara untuk menjatuhkan hukuman kepada pelaku tindak pidana dengan mengatakan terdakwa dibebaskan atau dihukum yang berdasarkan sekurang-kurangnya 2 alat bukti dan Hakim berdasarkan alat bukti tersebut yakin bahwa kesalahan tersebut melanggar pasal yang didakwakan. Hakim memiliki kebebasan untuk menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa yang tidak hanya mendasar pada ketentuan Undang-Undang namun juga Hakim dapat menggali nilai-nilai hukum dan keadilan dalam masyarakat. Pada praktek yang terjadi saat ini, banyak Hakim menjatuhkan putusan di bawah dari ketentuan pidana minimum yang tercantum di dalam suatu pasal sep erti pada kasus narkotika dalam penelitian ini. Hal tersebut memang tidak dapat dipersalahkan karena hakim memiliki kewenangan dan kebebasan dalam menjatuhkan putusan, namun hal tersebut tentunya akan membuat tidak adanya kepastian hukum. Permasalahan Hukum dalam penelitian ini ialah bagaimana kewenangan hakim terkait adanya ketentuan pidana minimal dalam tindak pidana narkotika dan apa yang menjadi tujuan ditetapkannya ketentuan pidana minimal. Metode penelitian yang diambil ialah metode yuridis normatif, data penelitian diperoleh melalui studi kepustakaan dan pengambilan berkas putusan sebagai pelengkap. Hasil penelitian menunjukan Hakim boleh saja menjatuhkan putusan di bawah dari ketentuan pidana minimal karena hakim tidak hanya harus memperhatikan kepastian hukum namun juga tujuan dari hukum lainnya yaitu memberikan keadilan.

Item Type: Article
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:08
Last Modified: 18 Feb 2021 07:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/14730

Actions (login required)

View Item View Item