Parodi Sebagai Strategi Kreatif Iklan (Studi Kasus Iklan Ovo X Grab Versi Rhoma Irama)

Fauzi, Ahmad Parodi Sebagai Strategi Kreatif Iklan (Studi Kasus Iklan Ovo X Grab Versi Rhoma Irama). Parodi Sebagai Strategi Kreatif Iklan (Studi Kasus Iklan Ovo X Grab Versi Rhoma Irama).

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini banyak iklan yang menggunakan parodi. Parodi adalah peniruan suatu bentuk atau jenis cerita yang digunakan untuk menyindir atau untuk menciptakan efek humor. Salah satunya adalah iklan OVO x GRAB Versi Rhoma Irama. Di mana iklan layanan transportasi online, Grab ini punya konsep yang unik sekaligus menggelitik. Isinya bak adegan film legendaris Rhoma Irama. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana formulasi strategi iklan parody atas iklan OVO X GRAB versi Rhoma Irama. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui secara mendalam mengenai formulasi strategi iklan parodi atas iklan OVO X GRAB versi Rhoma Irama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi iklan parody atas iklan OVO X GRAB versi Rhoma Irama adalah digunakan karena mengikuti trend. Formulasi lainnya adalah dengan mengedepankan konsistensi akan konsep kreatif. Dalam merumuskan konsep kreatif terdapat formulasi strategi iklan dalam tiga tahapan yaitu mengumpulkan dan mempersiapkan segala informasi pemasaran (informasi konsumen, tentang produk, competitor), mengolah informasi yang telah didapat tersebut untuk menetapkan suatu positioning dan tujuan iklan dan presentasi di hadapan klien untuk mendapatkan agreement atau persetujuan sebelum proses eksekusi. Kata Kunci: Parodi, Strategi Kreatif, Iklan. E. Daftar Pustaka 46 (2002 ? 2008)

Item Type: Article
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 18 Feb 2021 08:43
Last Modified: 18 Feb 2021 08:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/14755

Actions (login required)

View Item View Item