Pemberitaan Kasus Tindak Upaya Bunuh Diri Di Media Siber Tahun 2018 (Studi Kasus Pedoman Peliputan Bunuh Diri Oleh Dewan Pers)

Kencana, Laras Chandra Pemberitaan Kasus Tindak Upaya Bunuh Diri Di Media Siber Tahun 2018 (Studi Kasus Pedoman Peliputan Bunuh Diri Oleh Dewan Pers). Pemberitaan Kasus Tindak Upaya Bunuh Diri Di Media Siber Tahun 2018 (Studi Kasus Pedoman Peliputan Bunuh Diri Oleh Dewan Pers).

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan media siber di Indonesia membuat rawannya tindak praktik penerapan kode etik jurnalistik oleh wartawan media siber harus lebih diwaspadai. Pemberitaan yang diliput pun beragam, termasuk di dalamnya kasus tindak upaya bunuh diri. Pengetahuan masyarakat Indonesia tentang kesehatan mental terancam oleh pemberitaan wartawan yang dilakukan secara detail dan gamblang. Dewan Pers sebagai lembaga khusus yang memiliki fungsi dan tanggung jawab mengawasi pers Indonesia pun turut serta dalam pembatasan pemberitaan bunuh diri di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan gabungan dan menggunakan model studi kasus dan metode analisis isi serta wawancara. Adapun sumber data primer dan sekunder akan penulis dapatkan dari wawancara, studi pustaka dan observasi. Landasan teori dalam penelitian ini adalah teori efek komunikasi massa. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, penulis menemukan 15 berita terkait pemberitaan tindak upaya bunuh diri yang belum mengikuti asas-asas Kode Etik Jurnalistik yang dapat menimbulkan efek behavioral berupa copycat suicide. Dewan Pers serta wartawan Indonesia diharapkan dapat terus mengawasi kesehatan Pers serta menjalankan pedoman pemberitaan terkait tindak upaya bunuh diri. Kata Kunci: Pedoman Peliputan Tindak Upaya Bunuh Diri, Prinsip Jurnalisme, Media Siber E. Daftar Pustaka : (1994-2018) 21 Buku, 1 Jurnal, 1 Website

Item Type: Article
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 09 Mar 2021 06:49
Last Modified: 09 Mar 2021 06:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/14792

Actions (login required)

View Item View Item