HUBUNGAN POLA PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) PADA ANAK USIA 6-24 BULAN YANG MENGALAMI STUNTING DI PUSKESMAS GROGOL PETAMBURAN KOTA JAKARTA BARAT

AZZAHRA, PARAS RISART (2019) HUBUNGAN POLA PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) PADA ANAK USIA 6-24 BULAN YANG MENGALAMI STUNTING DI PUSKESMAS GROGOL PETAMBURAN KOTA JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Azzahra, Paras 405160134.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu cara untuk mengantisipasi terjadinya stunting adalah dengan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan dengan pemberian MP-ASI untuk memenuhi kebutuhan zat gizi makronutrien dan mikronutrien anak. Pemberian MPASI harus dilakukan secara bertahap dari mulai konsistensi makanan, variasi makanan, dan frekuensi pemberian yang semakin sering sejalan dengan bertambahnya usia bayi. Selain itu, pemberian MP-ASI harus dilakukan dengan prinsip responsive feeding sesuai dengan asuhan psikososial anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan perilaku mengenai pola pemberian MP-ASI yang tepat agar tidak terjadi kejadian stunting di Puskesmas Grogol Petamburan Kota Jakarta Barat. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak berusia 6-24 bulan di Puskesmas Grogol Petamburan Kota Jakarta Barat direkrut dengan teknik consecutive non random sampling dan terdiri dari 81 responden. Metode pengambilan data pada peneilitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara mengenai identitas subjek dan data mengenai pola pemberian MP-ASI, kemudian hasil penelitian di uji dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kejadian stunting berdasarkan pola pemberian MPASI tahun 2019 di Puskesmas Grogol Kota Jakarta Barat yaitu sebesar 32%. Pemberian MP-ASI adekuat di Puskesmas Grogol Kota Jakarta Barat sebanyak 80,2% dan MP-ASI tidak adekuat sebanyak 19,8%. Hasil uji statistik dapat dibuktikan bahwa, tidak adanya hubungan antara pola pemberian MP-ASI dengan kejadian stunting dengan nilai p-value 0,766 dan hasil perhitungan secara epidemiologis didapatkan nilai Prevalence Risk (PR) sebesar 1,2. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai stunting dan pola pemberian MP-ASI yang sesuai untuk anak berumur 6-24 bulan dan menjadi referensi tambahan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pambudi, Wiyarni
Uncontrolled Keywords: stunting, pola pemberian MP-ASI, anak usia 6-24 bulan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 06:07
Last Modified: 22 Jul 2022 04:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15158

Actions (login required)

View Item View Item