PENGARUH PEMBERIAN AIR REBUSAN AURICULARIA POLYTRICHA TERHADAP AKTIVITAS SPESIFIK KATALASE HATI DAN DARAH TIKUS SPRAGUE DAWLEY YANG DIINDUKSI HIPOKSIA SISTEMIK

LEONARDO, VINNIE CHARLITA (2018) PENGARUH PEMBERIAN AIR REBUSAN AURICULARIA POLYTRICHA TERHADAP AKTIVITAS SPESIFIK KATALASE HATI DAN DARAH TIKUS SPRAGUE DAWLEY YANG DIINDUKSI HIPOKSIA SISTEMIK. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1-Vinnie 405140192.pdf

Download (283kB)
[img] Text
2-Vinnie 405140192.pdf

Download (127kB)

Abstract

Hipoksia adalah keadaan dimana tubuh kekurangan oksigen. Hipoksia akan menyebabkan peningkatan stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel hati yang berujung pada penyakit kanker atau sirosis hati. Untuk itu, dibutuhkan antioksidan yang dapat mengurangi kerusakan sel yang terjadi. Antioksidan dapat diperoleh dari dalam tubuh (katalase) dan luar tubuh (Auricularia polytricha). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek pemberian air rebusan jamur Auricularia polytricha dalam mengatasi stres oksidatif yang diakibatkan oleh hipoksia sistemik. Metode penelitian menggunakan uji eksperimental pada 28 ekor tikus yang dibagi menjadi 7 kelompok dengan 3 perlakuan, yaitu normoksia tidak dicekok (P1), normoksia cekok (10 hari, 2 kali sehari) pada P2 (encer dengan dosis 0,6 mL jamur + 0,4 mL air) dan P3 (kental dengan dosis 1 mL jamur), hipoksia (92% N2, 8% O2) 1 hari cekok pada P4 (encer) dan P5 (kental) serta hipoksia 3 hari cekok P6 (encer) dan P7 (kental). Masing-masing kelompok diuji aktivitas spesifik katalase menggunakan metode Mates. Hasil penelitian didapatkan penurunan bermakna (ANOVA, p<0,05) aktivitas spesifik katalase pada kelompok hipoksia dosis kental dan encer bila dibanding dengan normoksia baik pada hati maupun darah. Terdapat perbedaan bermakna (Sidak, p<0,05) antara kelompok dosis kental dibanding dengan dosis encer yang memperlihatkan aktivitas spesifik katalase lebih tinggi pada kelompok dosis kental, baik pada darah maupun hati. Didapat korelasi bermakna dan kuat (Pearson, p<0,05) antara aktivitas spesifik katalase hati dengan darah pada kelompok dosis kental dan encer. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa jamur Auricularia polytricha mempunyai efek antioksidan yang dapat mempengaruhi aktivitas spesifik katalase pada hati dan darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Triyana, Sari
Uncontrolled Keywords: Hipoksia, Katalase, Darah, Hati, Auricularia polytricha
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 06:06
Last Modified: 23 Apr 2021 06:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15193

Actions (login required)

View Item View Item