Peran Orientasi Perbandingan Sosial Terhadap Kualitas Hidup Remaja Yang Menggunakan Situs Jejaring Sosial Instagram

Amanda, Jennifer (2020) Peran Orientasi Perbandingan Sosial Terhadap Kualitas Hidup Remaja Yang Menggunakan Situs Jejaring Sosial Instagram. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File.1 Pembuka (Jennifer).pdf

Download (2MB)

Abstract

Orientasi perbandingan sosial merupakan proses kognitif yang mendasar dan dilakukan untuk mengevaluasi diri. Saat ini, orientasi perbandingan sosial semakin mudah untuk terjadi secara konstan terutama pada situs jejaring sosial Instagram. Penggunaan situs jejaring sosial secara intensif dapat meningkatkan paparan terus-menerus dari konten orang lain dan meningkatkan peluang untuk melakukan orientasi perbandingan sosial yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji intensitas penggunaan Instagram yang memoderasi hubungan antara orientasi perbandingan sosial dan kualitas hidup. Partisipan dalam penelitian ini adalah remaja yang berusia 14-19 tahun, dan menggunakan Instagram. Penelitian ini menggunakan beberapa kuesioer yang mencakup 25 butir WHOQoL-BREF, 10 butir intensitas penggunaan Instagram, dan 9 butir social media social comparison. Analisis data dilakukan dengan Hayes untuk menentukan penggunaan Instagram sebagai moderator yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan situs jejaring sosial Instagram yang tinggi memiliki hasil yang signifikan dalam memoderasi peran dari orientasi perbandingan sosial dan kualitas hidup dengan nilai p = 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Rostiana, M.Si., Psi dan Bianca Marella, S.Psi., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Orientasi perbandingan sosial, Kualitas hidup, Intensitas Instagram
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 19 Apr 2021 09:08
Last Modified: 19 Apr 2021 09:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15234

Actions (login required)

View Item View Item