Gambaran Attachment Anak Dengan Orangtua Di Era Perkembangan Teknologi Dilihat Dari Persepsi Anak (Studi Pada Siswa-Siswi Sd X)

Nasya, Elizabeth (2020) Gambaran Attachment Anak Dengan Orangtua Di Era Perkembangan Teknologi Dilihat Dari Persepsi Anak (Studi Pada Siswa-Siswi Sd X). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 1. Pembuka (Elizabeth).pdf

Download (931kB)

Abstract

Ainsworth, Blehar, Waters, dan Wall (dalam Solomon & George, 2008) mendefinisikan attachment security sebagai keadaan di mana seseorang memiliki rasa aman dan tidak terganggu terhadap ketersediaan dari seseorang yang dianggap sebagai figur attachment. Mary Ainsworth membagi tipe attachment menjadi secure attachment dan insecure attachment, di mana insecure attachment dibagi menjadi ambivalent attachment dan avoidant attachment (Solomon & George, 2008). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua klasifikasi utama yaitu secure attachment dan insecure attachment. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberikan gambaran umum attachment anak-anak berusia middle childhood di era perkembangan teknologi dilihat dari persepsi anak. Pengambilan data penelitian dilakukan pada Bulan Maret 2020 menggunakan purposive sampling, melibatkan 72 orang subjek yang mengisi kuesioner secara langsung dengan tes paper-and-pencil. Kriteria subjek dalam penelitian ini ialah anak dalam rentang usia 9-11 tahun yang pada saat berlangsungnya penelitian merupakan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD). Berdasarkan hasil pengambilan data, sebanyak 100% dari total subjek merupakan pengguna gawai. Berdasarkan data hasil penelitian menggunakan teknik deskriptif, peneliti mendapati bahwa terdapat lebih banyak subjek dalam penelitian yang menunjukkan kecenderungan memiliki secure attachment dibandingkan insecure attachment.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Riana Sahrani, M.Si., Psi. Debora Basaria, M.Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: Attachment, Era Perkembangan Teknologi, Middle childhood
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 19 Apr 2021 15:12
Last Modified: 19 Apr 2021 15:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15281

Actions (login required)

View Item View Item