Hubungan Gangguan Tidur dengan Nilai Mata Pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional (UN) pada Siswa Usia 8-12 Tahun SD X Sibolga Sumatera Utara Tahun Ajaran 2018/2019

LIVIANY, ELLEN (2019) Hubungan Gangguan Tidur dengan Nilai Mata Pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional (UN) pada Siswa Usia 8-12 Tahun SD X Sibolga Sumatera Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (422kB)
[img] Text
1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
6.pdf

Download (104kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (262kB)
[img] Text
end.pdf

Download (476kB)

Abstract

Tidur adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk kesehatan dan kehidupan manusia baik secara fisik maupun mental. Anak-anak merupakan subjek yang paling sering mengalami gangguan tidur karena durasi dan kualitas tidur yang kurang. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada proses berpikir inovatif, proses pengambilan keputusan yang fleksibel, beberapa fungsi kognitif dan kelelahan pada siang hari. Gangguan tidur pada anak dapat berpengaruh terhadap nilai mata pelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gangguan tidur dengan nilai mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional pada siswa usia 8-12 tahun SD X Sibolga Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah cross-sectional bersifat analisis. Penelitian ini dilakukan di SD X Sibolga Sumatera Utara pada bulan Januari 2019. Subjek penelitian adalah siswa yang berusia 8-12 tahun. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel data adalah Consecutive Sampling. Dari 230 responden yang terkumpul, yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi adalah 192 responden. Data gangguan tidur diambil menggunakan kuesioner Sleep Disturbance Scale for Children (SDSC) dan nilai mata pelajaran didapat dari nilai rapor semester 1 berupa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), matematika dan bahasa Indonesia. Data dianalisis menggunakan uji Fisher. Hasil penelitian didapatkan terdapat 60% siswa memiliki gangguan tidur. Hubungan antara gangguan tidur dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah p-value=0,81, matematika p-value=0,199, bahasa Indonesia p-value=0,413. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan secara statistik antara gangguan tidur dengan nila i Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), matematika, bahasa Indonesia di SD X usia 8-12 Tahun Sibolga Sumatera Utara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mantu, Melani R.
Uncontrolled Keywords: Gangguan Tidur, Nilai Mata Pelajaran, Anak Sekolah Dasar
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:02
Last Modified: 23 Apr 2021 04:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15392

Actions (login required)

View Item View Item