Hubungan Self Efficacy Dengan Work Engagement Pada Guru Yang Bekerja Di Sekolah Inklusi Di Jakarta

Tanurezal, Nathania (2020) Hubungan Self Efficacy Dengan Work Engagement Pada Guru Yang Bekerja Di Sekolah Inklusi Di Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 1. Pembuka (Nathania).pdf

Download (653kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara self efficacy dengan work engagement pada guru yang bekerja di sekolah inklusi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian non eksperimental yang menggunakan metode kuantitatif. Partisipan penelitian ini merupakan 34 orang guru yang bekerja sebagai guru di sekolah inklusi di Jakarta. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu skala self efficacy yang dikembangkan oleh Jerusalem dan Schwarzer (1995) dan skala work engagement yang diadaptasi dari alat ukur Schaufeli, González- Romá, dan Bakker (2002). Analisis data menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 22.00. Penelitian ini menggunakan uji korelasi Pearson Correlation. Hasil analisis data menunjukkan bahwa self efficacy memiliki hubungan positif yang signifikan dengan work engagement (r = 0.459, p = 0.006<0.05). Dari hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa semakin tinggi self efficacy, maka akan semakin tinggi work engagement. Demikian juga sebaliknya, semakin rendah self efficacy, maka semakin rendah juga work engagement.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Raja Oloan Tumanggor, S.Ag.
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Work Engagement, Guru, Sekolah Inklusi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:58
Last Modified: 20 Apr 2021 03:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15413

Actions (login required)

View Item View Item