HUBUNGAN GAYA BELAJAR HONEY & MUMFORD DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA

MARCELLINA, CINDY (2019) HUBUNGAN GAYA BELAJAR HONEY & MUMFORD DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (369kB)
[img] Text
1.pdf

Download (35kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
6.pdf

Download (20kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (142kB)
[img] Text
end.pdf

Download (621kB)

Abstract

Gaya belajar merupakan metode yang digunakan individu dalam memperoleh informasi dan pengetahuan. Mahasiswa dengan gaya belajar yang tepat akan lebih mudah menyerap informasi dengan cepat. Mereka juga lebih mampu berkonsentrasi dalam proses belajar sehingga materi pelajaran dapat dipahami dengan baik dan akhirnya diperoleh hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan desain studi cross-sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2018 pada 145 mahasiswa FK UNTAR dengan mengisi kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan kuesioner gaya belajar Honey & Mumford. Dari 145 responden didapatkan gaya belajar yang dominan adalah reflector (67,6%), di ikuti dengan pragmatist (15,9%), activist (9,7%), theorist (6,9%). Rerata nilai IPK didapatkan sebesar 3,21 (0,31). Mayoritas responden berjenis kelamin perempuan dan laki-laki menggunakan gaya belajar reflector masing-masing sebesar 70,76% dan 58,98%. Uji statistik one way ANOVA menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara gaya belajar dan hasil belajar dengan (nilai p > 0,05). Hasil belajar pada berbagai gaya belajar didapatkan rerata nilai IPK yang hampir sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Malik, Rebekah
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, hasil belajar, kuesioner Honey & Mumford,mahasiswa kedokteran
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 07:23
Last Modified: 23 Apr 2021 07:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15415

Actions (login required)

View Item View Item