MARCELLINA, CINDY (2019) HUBUNGAN GAYA BELAJAR HONEY & MUMFORD DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
top.pdf Download (369kB) |
|
Text
1.pdf Download (35kB) |
|
Text
2.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
Text
3.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
Text
4.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
5.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text
6.pdf Download (20kB) |
|
Text
dapus.pdf Download (142kB) |
|
Text
end.pdf Download (621kB) |
Abstract
Gaya belajar merupakan metode yang digunakan individu dalam memperoleh informasi dan pengetahuan. Mahasiswa dengan gaya belajar yang tepat akan lebih mudah menyerap informasi dengan cepat. Mereka juga lebih mampu berkonsentrasi dalam proses belajar sehingga materi pelajaran dapat dipahami dengan baik dan akhirnya diperoleh hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan desain studi cross-sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2018 pada 145 mahasiswa FK UNTAR dengan mengisi kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan kuesioner gaya belajar Honey & Mumford. Dari 145 responden didapatkan gaya belajar yang dominan adalah reflector (67,6%), di ikuti dengan pragmatist (15,9%), activist (9,7%), theorist (6,9%). Rerata nilai IPK didapatkan sebesar 3,21 (0,31). Mayoritas responden berjenis kelamin perempuan dan laki-laki menggunakan gaya belajar reflector masing-masing sebesar 70,76% dan 58,98%. Uji statistik one way ANOVA menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara gaya belajar dan hasil belajar dengan (nilai p > 0,05). Hasil belajar pada berbagai gaya belajar didapatkan rerata nilai IPK yang hampir sama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Malik, Rebekah |
Uncontrolled Keywords: | gaya belajar, hasil belajar, kuesioner Honey & Mumford,mahasiswa kedokteran |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran |
Depositing User: | FK Perpus |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 07:23 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 07:23 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15415 |
Actions (login required)
View Item |