Problematikaparate Executie Jaminan Hak Tanggungan Dalam Memberikan Perlindungan Hukum Kepada Kreditur Dalam Hubungan Perjanjian Kredit

Wersun, Petrus Hironimus (2019) Problematikaparate Executie Jaminan Hak Tanggungan Dalam Memberikan Perlindungan Hukum Kepada Kreditur Dalam Hubungan Perjanjian Kredit. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1. COVER DEPAN TESIS.pdf

Download (122kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN 1.pdf

Download (67kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN 2.pdf

Download (73kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (620kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)

Abstract

Hak tanggungan merupakan jaminan khusus untuk memberikan perlindungan hukum kepada para kreditor dalam hal adanya hubungan utang piutang. Khususnya dalam hal pelaksanaan eksekusi benda jaminan yang dibebankan hak tanggungan, bahwa eksekusi atas benda jaminan milik debitur, merupakan hak kreditur yang dijamin oleh Undang-Undang. Dalam penelitian ini, terdapat 2 (dua) rumusan masalah yaitu pertama, Apakah Perlindungan hukum terhadap kreditur yang diatur dalam Undang-Undang No. 4 Tahun 1996 telah memberikan rasa keadilan kepada kreditur dalam hubungan perjanjian kredit.Kedua,Apakah pelaksanaan parate executie jaminan hak tanggungan sudah sesuai dengan asas mudah dan pasti dalam eksekusi jaminan hak tanggungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kedua persoalan tersebut. Teori yang digunaka adalah Efektivitas Hukum dan Perlindungan Hukum.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif. Bahan dan data yang digunakan merupakan data kumulatif yang diperoleh dan dimanfaatkan dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Sumber data diperoleh langsung dari obyek penelitian di lapangan melalui wawancara dengan narasumber serta diperoleh dari bahan-bahan hukum. Jawaban atas rumusan masalah adalah terdapat konflik norma dan ikonsistensi dalam peraturan perundang-undangan terkait dengan pelaksanaan eksekusi hak tanggungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Gunawan Djajaputra, S.H.,S.S.,M.H
Uncontrolled Keywords: Parate Executie, Jaminan Hak Tanggungan, Perlindungan Hukum, Perjanjian Kredit
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 20 Apr 2021 04:21
Last Modified: 20 Apr 2021 04:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15423

Actions (login required)

View Item View Item