Kontrol Diri Pada Remaja Yang Mengakses Pornografi

Narang, Chelsi Natasya (2020) Kontrol Diri Pada Remaja Yang Mengakses Pornografi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FILE 1. pembuka (Chelsi).pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang dipicu oleh perkembangan teknologi informasi adalah meningkatnya kemudahan untuk mengakses situs dewasa dan konten pornografi di media daring. Pornografi merupakan media dengan konten seksual yang secara alami akan dianggap menyenangkan oleh otak remaja yang masih berada dalam tahap perkembangan. Dalam konteks ini, kemampuan remaja untuk mengontrol diri dapat berpengaruh terhadap perilaku remaja dalam mengakses pornografi. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja berusia 14-24 tahun yang berdomisili di JABODETABEK. Semua subjek adalah remaja yang telah terpapar pornografi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menguji perbedaan kontrol diri di antara remaja yang mengakses pornografi secara berulang dan remaja yang tidak mengakses pornografi secara berulang. Alat ukur yang digunakan adalah Self-Control Scale (SCS) yang disusun oleh Tangney, Baumeister, dan Boone (2004). Penyebaran kuesioner online dimulai dari tanggal 2 April 2020 hingga tanggal 18 April 2020. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 126 orang (30.2% laki laki, dan 69.8% perempuan). Hasil analisis dengan menggunakan uji beda t test memiliki nilai t = -4.923 dan p = 0.000 < 0.05, hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan mean kontrol diri antara kelompok remaja yang tidak mengakses pornografi berulang dengan kelompok remaja yang mengakses pornografi secara berulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Naomi Soetikno, M.Pd., Psikolog
Uncontrolled Keywords: pornografi, kontrol diri, remaja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 20 Apr 2021 04:24
Last Modified: 20 Apr 2021 04:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15429

Actions (login required)

View Item View Item