Analisis Iklan Televisi badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Versi Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar Di Dalam Konstruksi Sosial

Paulus, Lobrinson Yohanes (2012) Analisis Iklan Televisi badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Versi Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar Di Dalam Konstruksi Sosial. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
4.pdf - Published Version

Download (77kB)

Abstract

BkkbN merupakan sebuah Institusi Negara yang membidangi masalah Kependudukan dan Keluarga Berencana. Untuk mencapai visi pertumbuhan penduduk seimbang di tahun 2015, BkkbN memanfaatkan media massa, khususnya televisi dengan menayangkan iklan layanan masyarakat Keluarga Berencana versi Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar. Menggunakan analisis semiotika, penulis menguraikan setiap tanda visual dalam iklan secara denotatif dan konotatif sehingga dapat diinterpretasikan pesan dan makna yang terkandung di dalam iklan. Selain itu penelitian kualitatif ini dilakukan untuk menganalisis proses konstruksi yang dilakukan oleh BkkbN di dalam iklan tersebut dan membandingkannya dengan konstruksi sosial yang ada di dalam masyarakat mengenai Keluarga Berencana dengan pembatasan dua anak dan menikah di usia yang ideal. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui metode wawancara mendalam dan video iklan, serta data sekunder yang berasal dari studi dokumen cetak dan online. Kata kunci: Iklan, BkkbN, Analisis Semiotika, Konstruksi Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 28 Jul 2017 07:28
Last Modified: 28 Jul 2017 07:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/1544

Actions (login required)

View Item View Item