Perlindungan konsumen pengguna asuransi Jasa Angkutan Lion Air / Denny Roberto

Roberto, Denny (2019) Perlindungan konsumen pengguna asuransi Jasa Angkutan Lion Air / Denny Roberto. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER[2].pdf

Download (90kB)
[img] Text
PERSETUJUAN[1].pdf

Download (141kB)
[img] Text
PENGESAHAN[1].pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR_ISI[4].pdf

Download (7kB)
[img] Text
ABSTRAK[2].pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA[2].pdf

Download (142kB)

Abstract

Kedudukan konsumen di Indonesia yang tergolong lemah, alasan yang sering muncul adalah tidak adanya penerapan yang memadai sebagai bentuk payung hukum untuk melindungi konsumen. Sehingga tidak banyak masyarakat yang melanjutkan permasalahan yang mereka alami terkait barang atau jasa yang mereka konsumsi melalui jalur hokum. Para penumpang saat melakukan proses pembelian tiket direkomendasi untuk membeli asuransi pernerbangan oleh maskapai lion air. Dengan demikian penumpang mempunyai dua pilihan yaitu membeli atau tidak kejelasan bentuk asuransi apa saja yang diterapkan sebagai konsekuensi diakibatkan suatu hal yang terjadi untuk claim asuransi tersebut. Calon penumpang, dalam hal ini sebagai konsumen yang wajib diberikanperlindungan sesuai amanat Perundang-Undangan dibidang konsumen, tentu menginginkan pelindungan yang pasti dalam perjalanan mereka.Informasi mendukung dalam pemakaian jasa penerbangan beserta perlindungan menjad hal yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk jasa. konsumen tidak diberikan informasi yang jelas terhadap asuransi pernerbangan tersebut. Informasi dari asuransi yang akan didapatkan dalam penggunaan asuransi penerbangan tersebut. Informasi dari asuransi yang akan didapatkan oleh konsumen merupakan hak dari konsumen yang diatur dalam undang undang Perlindungan Konsumen Nomer 8 tahun 1999 pasal 4 ayat 3 tentang hak dan kewajiban konsumen serta adanya ketentuan yang dituangkan dalam klausula baku yang dapat menghilangkan hak konsumen,Seharusnya pihak Lion Air lebih memperhatikan hak konsumen sebagai pelaku usaha. Hal ini perlu agar tercipta tidak kesimbangan atara hak dan kewajiban antara konsumen dan pelaku usaha

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ermanto Fahamsyah, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, jasa Angkuta Udara, Asuransi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 20 Apr 2021 06:46
Last Modified: 20 Apr 2021 06:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15510

Actions (login required)

View Item View Item