Perlindungan Hukum Terhadap Pemilik Satuan Rumah Susun Atas Tanah Bersama Yang Masih Dikuasai Oleh Pihak Pengembang (Contoh Kasus Apartemen Graha Cempaka Mas)

Nadya, Junica (2019) Perlindungan Hukum Terhadap Pemilik Satuan Rumah Susun Atas Tanah Bersama Yang Masih Dikuasai Oleh Pihak Pengembang (Contoh Kasus Apartemen Graha Cempaka Mas). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Tanda Pengesahan.pdf

Download (127kB)

Abstract

Perumahan dan permukiman merupakan kebutuhan dasar manusia, penyelenggaraan pembagunan akan meningkat dan kebutuhan akan tanah akan semakin meningkat. Rumah susun mampu menampung banyak penduduk dalam luasan wilayah yang relatif kecil dibandingkan dengan rumah pada umumnya. Penghuni rumah susun tidak dapat menghindarkan diri atau melepaskan kebutuhannya untuk menggunakan bagian bersama, benda bersama dan tanah bersama. Karena penghuni, perhimpunan dan pihak pengemban mempunyai hubungan hukum yang erat dan apabila suati ketika timbul masalah, maka harus ada perlindungan hukum dan upaya hukum yang dapat ditempuh oleh pihak yang dirugikan. Bagaimanakah perlindungan hukum bagi penghuni satuan rumah susun atas tanah bersama yang masih dikuasai oleh Pihak Pengembang ditinjau dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang rumah susun? Bagaimana upaya hukum terhadap status kepemilikan tanah bersama atas satuan rumah susun yang masih dikuasai oleh Pihak Pengembang dalam contoh kasus Apartemen Graha Cempaka Mas? Penulis meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode penelitian normatif. Data penelitian mengenai perlindngan hukum secara preventif dengan menentukan secara normatif melakukan transisi atas satuan rumah susun sesuai jangka waktu yang terdapat di Undang-Undang Rumah Susun. Upaya hukum yang dapat ditempuh melalui musyawarah mufakat terdahulu apabila tidak tercapai maka dapat diselesaikan ke pengadilan ataupun luar pengadilan. Acuan : 31 (1986-2014) Pembimbing Dr. S. Atalim, S.H., M.H. Penulis Junica Nadya

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. S. Atalim, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Satuan Rumah Susun, Tanah Bersama, Pihak Pengembang.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 20 Apr 2021 07:21
Last Modified: 20 Apr 2021 07:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15565

Actions (login required)

View Item View Item