HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHUN AJARAN 2017

LUTHFIYANA, NAUFALIA (2019) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHUN AJARAN 2017. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
head.pdf

Download (727kB)
[img] Text
1.pdf

Download (64kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
6.pdf

Download (23kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (86kB)
[img] Text
lamp.pdf

Download (347kB)

Abstract

Lingkungan belajar merupakan hal yang penting diperhatikan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Apabila lingkungan belajar kita mendukung dengan cara belajar kita maka akan didapatkan prestasi belajar yang memuaskan pula. Maka dari itu, peneliti tertarik ingin melakukan penelitian tentang hubungan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahun ajaran 2017 semester 4. Penelitian ini menggunakan metode analitik kuantitatif dengan desain cross sectional. Penentuan dilakukan dengan rumus analitik kategorik berpasangan dengan jumlah responden 150 orang. Hasil tabulasi silang didapatkan mahasiswa dengan skor lingkungan belajar tinggi dan prestasi belajar ≥ 2,75 sebanyak 73 orang (48,7%), mahasiswa dengan skor lingkungan belajar tinggi dan prestasi belajar <2,75 sebanyak 3 orang (2%), mahasiswa dengan skor lingkungan belajar sedang dan prestasi belajar >2,75 sebanyak 63 orang (42%), mahasiswa dengan skor lingkungan belajar sedang dan prestasi belajar cukup sebanyak 11 orang (7,3%). Hasil dari Chi Square antara skor lingkungan belajar terhadap prestasi belajar didapatkan signifikansi 0,022 (P < 0,05) dan bernilai positif yang berarti hubungan antara skor lingkungan belajar dengan prestasi belajar bersifat searah, maka semakin tinggi skor lingkungan belajar semakin baik pula prestasi belajar yang didapat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Malik, Rebekah
Uncontrolled Keywords: lingkungan belajar, prestasi belajar
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:48
Last Modified: 23 Apr 2021 04:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15605

Actions (login required)

View Item View Item