KARAKTERISTIK PEMERIKSAAN EKOKARDIOGRAFI, FOTO RONTGEN TORAKS, KOMORBIDITAS, DAN TERAPI PADA PASIEN HIPERTENSI DI RS HERMINA KEMAYORAN TAHUN 2017

FAOZAN, Muhamad Rizki Nanda (2019) KARAKTERISTIK PEMERIKSAAN EKOKARDIOGRAFI, FOTO RONTGEN TORAKS, KOMORBIDITAS, DAN TERAPI PADA PASIEN HIPERTENSI DI RS HERMINA KEMAYORAN TAHUN 2017. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
head.pdf

Download (404kB)
[img] Text
1.pdf

Download (239kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
6.pdf

Download (218kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (344kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (975kB)

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu faktor penting untuk komplikasi kardiak, diantara faktor risiko lain seperti merokok, dislipidemia, dan diabetes mellitus, penyakit hipertensi merupakan penyakit yang lebih sering menyebabkan penyakit pada kardiak. Peningkatan kejadian penyakit pada sistem kardiovaskular, terutama disebabkan oleh adanya ketidakpatuhan pasien dalam terapi obat antihipertensi, sehingga menyebabkan adanya peningkatan angka kesakitan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pemeriksaan ekokardiografi, foto rontgen toraks, komorbiditas, serta terapi pada pasien hipertensi. Penelitian ini menggunakan studi observasional dengan desain penelitian secara cross sectional. Pengambilan data dilakukan dengan cara consecutive non random sampling dengan menggunakan berkas rekam medik penderita hipertensi sepanjang tahun 2017 yang memenuhi kriteria inklusi pada rawat inap maupun rawat jalan, dan didapatkan 104 sampel pasien hipertensi. Hasil penelitian menunjukan pasien hipertensi jenis kelamin wanita lebih banyak daripada laki-laki, yaitu 55.76%. Pada interpretasi hasil pemeriksaan foto rontgen toraks, didapatkan CTR (cardiothoracic ratio) <50% memiliki persentase terbanyak, yaitu 64.51%. Pemeriksaan echocardiography, didapatkan EF (Ejection Fraction) >70% merupakan persentase terbanyak, yaitu 42.3%. Komorbiditas yang didapatkan pada pasien hipertensi dengen persentase terbanyak adalah diabetes mellitus tipe II (42.3%). Obat amlodipin merupakan obat antihipertensi yang sering digunakan, dengan persentase sebesar 44.44%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kesan normal yang didapatkan dari pemeriksaan penunjang foto rontgen toraks dan echocardiography, merupakan jumlah terbanyak dibandingkan dengan kesan abnormal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Halim, Samuel
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, foto rontgen toraks, echocardiography, komorbiditas, terapi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:49
Last Modified: 31 Aug 2021 03:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15615

Actions (login required)

View Item View Item