Strategi place branding Labuan Bajo sebagai destinasi wisata nasional untuk meningkatkan pemasaran daerah (PL - 899)

Artsantly, Mario Lorenzo (2017) Strategi place branding Labuan Bajo sebagai destinasi wisata nasional untuk meningkatkan pemasaran daerah (PL - 899). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
345130013_Mario Lorenzo Artsantly_01 Cover.pdf

Download (52kB)
[img] Text
345130013_Mario Lorenzo Artsantly_02 Kata Pengantar.pdf

Download (158kB)
[img] Text
345130013_Mario Lorenzo Artsantly_03 Abstrak.pdf

Download (145kB)
[img] Text
345130013_Mario Lorenzo Artsantly_04 Lembar Pernyataan.pdf

Download (154kB)
[img] Text
345130013_Mario Lorenzo Artsantly_05 Daftar Isi.pdf

Download (107kB)

Abstract

Labuan Bajo merupakan pintu gerbang yang dilewati oleh wisatawan untuk mengunjungi kawasan Taman Nasional Komodo (TNK). Saat ini, Labuan Bajo dibawah era kepemimpinan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas yang akan dikembangkan sebagai bagian dari program prioritas Nawa Cita 2015-2019 dimana sektor pariwisata menjadi sektor unggulan untuk mendatangkan devisa negara. Lebih lanjut dalam Surat Sekretariat Kabinet No: B-625/Seskab/Maritim/11/2015, kota Labuan bajo sebagai salah satu destinasi pariwisata prioritas memiliki visi “The Gate point of world ecotourism in East Nusa tenggara”. Labuan Bajo saat ini semakin dikenal oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara sebagai destinasi ekowisata dengan berbagai wisata alam dan budaya yang ditawarkan dimana satwa Komodo menjadi ikonnya. Besarnya potensi ekowisata yang dimiliki Labuan Bajo menjadikan peran masyarakat sangat penting sesuai dengan prinsip pengembangan ekowisata. Pembentukan strategi pemasaran untuk Labuan Bajo dibutuhkan tidak hanya untuk dapat mengenalkan Labuan Bajo kepada Investor dan wisatawan tetapi juga untuk mengangkat peran masyarakat dalam memperkuat citra kawasan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata yang bertaraf Internasional sesuai dengan visi pemerintah. Pencitraan tersebut dapat dicapai dengan menerapkan strategi merek atau brand lebih tepatnya Place Branding yang juga berdasarkan pada nilai-nilai yang ada pada Labuan Bajo berdasarkan value structure maps. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang disertakan dengan kuesioner dan in-depth interview serta data-data sekunder yang diperoleh dari studi literatur dan peraturan pemerintah berkaitan dengan Labuan Bajo sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat merumuskan strategi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata di Labuan Bajo khususnya dalam pemasaran daerah sebagai suatu brand.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 20 Apr 2021 07:40
Last Modified: 30 Jul 2021 09:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15619

Actions (login required)

View Item View Item