Rencana penataan kawasan strategis wilayah perbatasan negara di Wini, kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (PL - 879)

Keraf, Maria Anastasia (2017) Rencana penataan kawasan strategis wilayah perbatasan negara di Wini, kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (PL - 879). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
345130023_Maria Anastasia Keraf_01 Cover.pdf

Download (74kB)
[img] Text
345130023_Maria Anastasia Keraf_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (117kB)
[img] Text
345130023_Maria Anastasia Keraf_03 Kata Pengantar.pdf

Download (165kB)
[img] Text
345130023_Maria Anastasia Keraf_04 Abstrak.pdf

Download (244kB)
[img] Text
345130023_Maria Anastasia Keraf_05 Lembar Pernyataan.pdf

Download (209kB)
[img] Text
345130023_Maria Anastasia Keraf_06 Daftar Isi.pdf

Download (137kB)

Abstract

Indonesia memiliki puluhan kawasan perbatasan yang berbatasan dengan 10 negara tetangga. Kawasan perbatasan dan pulau – pulau kecil terluar memiliki potensi yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu pembangunan kawasan perbatasan telah masuk dan menjadi salah satu kebijakan pembangunan yang terdapat dalam RPJPN dan RPJMN. Pengembangan kawasan perbatasan juga masuk dalam Visi dan Misi Nawacita nomor 3, yaitu memberikan perhatian khusus terhadap kawasan perbatasan. Saat ini pemerintah daerah Nusa Tenggara Timur tengah melakukan penataan kawasan strategis di wilayah perbatasan dan Wini menjadi salah satu kawasan yang di prioritaskan oleh Pemerintah Pusat Republik Indonesia dalam melakukan penataan. Penulisan ini menceritakan secara ringkas studi yang dilakukan dalam rangka penataan kawasan perbatasan tersebut dengan judul Penelitian yaitu Rencana Penataan Kawasan Strategis Wilayah Perbatasan Negara di Wini, Kabupaten Timor Tengah Utara Nusa Tenggara Timur. Penulisan ini menguraikan beberapa hal yang dilakukan dalam proses perencanaan kawasan tersebut, yaitu; melakukan pemetaan terhadap potensi-potensi di kawasan perbatasan Wini dan sekitarnya, melihat kondisi kependudukan dan sosial ekonomi, melihat penataan kawasan perbatasan dinegara Malaysia – Thailand sebagai acuan dan melakukan survei lapangan untuk melihat kondisi sosial ekonomi dan kebutuhan masyarakat setempat hingga mengahasilkan sebuah usulan berupa RTBL. Adapun metode yang digunakan dalam melakukan survei lapangan yaitu dengan wawancara dan penyebaran kuesioner dengan cara random sampling dengan jumlah kuesioner sebanyak 100 eksemplar. Sedangkan data diolah dengan menggunakan alat analisis deskriptif, IPA (Index Performance Analysis), Tabulasi Silang. Diharapkan Studi ini dapat memberikan gambaran langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk menghasilkan suatu perencanaan dan penataan Kawasan Perbatasan di Wini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 20 Apr 2021 07:42
Last Modified: 17 Jul 2021 05:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15624

Actions (login required)

View Item View Item