Arena olahraga elektronik dan studio seni digital di Jakarta (ARS - 3680)

Aryanti, Janice (2011) Arena olahraga elektronik dan studio seni digital di Jakarta (ARS - 3680). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
315070146_Janice Aryanti_01 Cover.pdf

Download (11kB)
[img] Text
315070146_Janice Aryanti_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (12kB)
[img] Text
315070146_Janice Aryanti_03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (7kB)
[img] Text
315070146_Janice Aryanti_04 Kata Pengantar.pdf

Download (9kB)
[img] Text
315070146_Janice Aryanti_05 Daftar Isi.pdf

Download (53kB)
[img] Text
315070146_Janice Aryanti_06 Abstrak.pdf

Download (13kB)

Abstract

Berawal dari kehidupan komputasi persuasif, yaitu suatu kehidupan yang meletakkan teknologi informasi sebagai bagian dari kehidupan manusia sehari-hari, realitas kondisi ini memberikan kesempatan bagi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk berperan bagi dunia hiburan seperti permainan elektronik. Hal inilah yang mendorong munculnya sebuah gagasan untuk merancang sebuah arena olahraga elektronik dan studio seni digital di Jakarta, yaitu sebuah fasilitas yang menyediakan sarana hiburan, relaksasi, kompetisi, edukasi, serta kebugaran melalui media elektronik. Permainan berbasis elektronik seringkali disebut dengan istilah E-sport : Electronic Sport, olahraga elektronik. Olahraga ini digunakan untuk mendeskripsikan suatu olahraga yang dalam pelaksanaannya menggunakan media elektronik atau video game sebagai suatu olahraga profesional. Electronic Sport tidak hanya berbicara mengenai komputer dan video game itu sendiri, tetapi lebih mengarah ke arah kompetisi antar pemain secara profesional dan global. Saat ini Indonesia telah menelurkan banyak atlet Electronic Sport yang telah mengharumkan nama Bangsa Indonesia, namun sangat disayangkan mereka kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah bahkan masyarakat Indonesia itu sendiri. Oleh karena itu proyek ini dirancang dengan tujuan utama memfasilitasi para atlet olahraga elektronik dan masyarakat pecinta olahraga ini untuk terus berprestasi membawa nama baik Bangsa Indonesia. Tujuan lainnya adalah juga untuk memajukan industri game di Indonesia, dengan menyediakan fasilitas studio seni digital dimana masyarakat dapat belajar bagaimana membuat sebuah game, animasi, dan desain dengan teknologi digital / komputerisasi. Bangunan ini memiliki fasilitas bermain game console dan multiplayer game serta ruang pertandingan (mutipurpose hall) sebagai fasilitas utama bangunan. Bangunan ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti public outdoor space, restoran, retail, energetic lounge, dan rental office. Pendekatan desain proyek adalah tangible metaphor dari "Electronic Circuit", yaitu dengan menyusun zona ruang pada bangunan menyerupai sirkuit komponen elektronik sehingga terintegrasi menjadi satu kesatuan bangunan yang saling menunjang. Dalam aplikasinya ditunjukkan dengan pola dan bentukan massa bangunan, serta lansekap yang mengadopsi dari pola sirkuit elektronik. Dengan demikian, bangunan ini diharapkan dapat menghadirkan ekspresi yang sesuai dengan fasilitas bangunan ini yaitu arena olahraga elektronik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 20 Apr 2021 08:55
Last Modified: 26 Jul 2021 15:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15785

Actions (login required)

View Item View Item