Rebranding kopi Krampoel untuk menaikkan popularitasnya di kalangan generasi z (DKV - 2503)

Anthonia, Paguita Visabel (2019) Rebranding kopi Krampoel untuk menaikkan popularitasnya di kalangan generasi z (DKV - 2503). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
625150029_Paguita Visabel Anthonia_03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (55kB)
[img] Text
625150029_Paguita Visabel Anthonia_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (50kB)
[img] Text
625150029_Paguita Visabel Anthonia_01 Cover.pdf

Download (49kB)
[img] Text
625150029_Paguita Visabel Anthonia_04 Abstrak.pdf

Download (71kB)

Abstract

Peluang bagi kedai kopi lokal sedang tumbuh menjamur di kalangan masyarakat. Akan tetapi, persaingan pasar yang ketat membuat Kopi Krampoel tenggelam di antara kedai-kedai kopi lainnya. Kopi Krampoel adalah kedai kopi yang terietak di daerah Petojo Utarn, Gambir, Jakarta Pusat. Tujuan dari rebranding Kopi Krampoel adalah untuk membantu Kopi Krampoel mencapai khalayak sasaran utamanya, yaitu generasi Z. Permasalahan yang dihadapi Kopi Krampoel selain ketatnya persaingan adalah lemahnya identitas visual sehingga tenggelam di antara kedai-kedai kopi lainnya. Khalayak sasaran Kopi Krampoel tidak merasa bahwa visual Kopi Krampoel menarik. Oleh karena itu, akan dilakukan rebranding yang dapat memperkenalkan Kopi Krampoel yang baru sekaligus membedakannya dari kompetitor sehingga memperkuat citranya di benak konsumen. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode yang digunakan Robin Landa (2011) pada bukunya yang berjudul "Design Solution". Hasil perancangan ini adalah tampilan logo yang memiliki unsur cair dengan kombinasi warna yang menyimbolkan budaya Sunda yaitu coklat kopi (#47271f), merah bata (#aa4026) sebagai dasar logo, logotype berwarna putih gading (#eedfbb), dan sedikit aksen biru laut (#1a4a78) melewati bagian tengah logo. Logo berbentuk bulat dengan dimensi standar 9x9 cm. Typeface yang digunakan adalah Quartzo tanpa modifikasi, ukuran font "Kopi" berukuran 36 pt dan "Krumpoe!" berukuran 30 pt. Logo dibuat relatif berbeda dengan logo bisnis sejenis di pasaran agar lebih mencolok dan menarik perhatian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 20 Apr 2021 15:48
Last Modified: 09 Jul 2021 15:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/16129

Actions (login required)

View Item View Item