Tiatri, Sri and Jap, Tji Beng (2013) Lingkungan Kehidupan sebagai Media Optimalisasi Kemampuan Individu Gifted. Semiar Nasional Keterbakatan "Optimalisasi Potensi Siswa Gifted". pp. 26-36. ISSN 978-979-602-260-1
|
Text
B.15.pdf - Published Version Download (14MB) | Preview |
Abstract
Kebanyakan studi mengenai keterbakatan mengambil data masa kini dari para partisipan. Lebih jauh lagi, kebanyakan studi dilakukan terhadap lingkungan yang telah dengan sengaja dan khusus diciptakan bagi anak gifted untuk optimalisasi kemampuannya. Masih jarang dilakukan studi terhadap lingkungan alamiah yang tidak dirancang khusus bagi anak gifted, dan masih jarang pula studi yang dilakukan terhadap individu gifted yang pada masa kini telah beranjak dewasa. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi proses-proses kunci yang diterima oleh individu gifted selama kehidupannya sampai dengan masa dewasa dari lingkungan kehidupannya. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis cerita diri yang diungkapkan oleh seorang laki-laki gifted yang yang berada pada masa dewasa madya, menggunakan pendekatan ekologis dari Brofenbrenner. Penelitian ini menemukan bahwa tanpa upaya yang disengaja dan dikhususkan untuk anak gifted, situasi dan kondisi lingkungan individu gifted yang alamiah, termasuk budaya, telah menjadi media belajar dan berkembang yang positif bagi individu gifted. Hasil penelitian dapat menjadi salah satu alternatif model dalam proses optimalisasi kemampuan anak gifted.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gifted, optimalisasi, lingkungan, ekologi, dewasa |
Subjects: | Proceeding Penelitian > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 09:42 |
Last Modified: | 15 Aug 2017 09:42 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/1616 |
Actions (login required)
View Item |