Pengetahuan Awal dan Pemantauan Pemahaman dalam Pemahaman Membaca

Tiatri, Sri Pengetahuan Awal dan Pemantauan Pemahaman dalam Pemahaman Membaca. In: Temu Ilmiah Nasional II Singgih D Gunarsa Award 2 Kongres IPPI, 5-6 Agustus 2010, Jakarta. (Unpublished)

[img] Text
B.20.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam kemampauan membaca terdapat beberapa komponen, dua di anataranya: pengetahuan awal dan pemantauan pemahaman. Kebanyakan studi dilaksanakan dalam membaca teks berbahasa Inggris. Studi ini mengkaji kaitan anatara kedua komponen dalam pemahaman bacaan berbahasa Indonesia. Pada tahap awal dilaksanakan pengembangan alat ukur kedua komponen. Selanjutnya dilaksanakan pengujian terhadap korelasi anatara kedua komponen, dan antara masing-masing komponen dengan kemampuan memahami bacaan. Partisipan adalah 265 siswa kelas 5 Sekolah Dasar di suatu kecamatan di Bandung. Para siswa diminta melaksanakan tugas-tugas tertulis terkait komponen yang diukur. Temuan menunjukkan bahwa kedua komponen berkolerasi, baik antar yang satu dan lainnya, maupun dengan kemampuan memahami bacaan. Dibandingkan pengetahuan awal, pemantauan pemahaman bacaan cenderung berkolerasi lebih kuat degan kemampuan umum memahami bacaan. Studi ini bukan saja menunjukkan pentingnya pemantauan pemahaman, tetapi juga menghasilkan alat ukur yang dapat digunakan mengidentifikasi kesulitan dalam pemantauan pemahaman.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: membaca, pemahaman bacaan, pengathuan awal, pemantauan pemahaman
Subjects: Karya Ilmiah Dosen > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: PSI PSIKOLOGI ADMIN
Date Deposited: 22 Aug 2017 05:00
Last Modified: 22 Aug 2017 05:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/1623

Actions (login required)

View Item View Item