Perlindungan Hukum terhadap Penumpang Penyandang Disabilitas dalam Aksesibilitas Transportasi Publik Pada Bus Trans Metro Bandung

Yolando, Yoshi Pins (2020) Perlindungan Hukum terhadap Penumpang Penyandang Disabilitas dalam Aksesibilitas Transportasi Publik Pada Bus Trans Metro Bandung. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover PDF.pdf

Download (38kB)
[img] Text
tanda pengesahan skripsi pdf.pdf

Download (151kB)
[img] Text
lembar persetujuan pdf.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB 1 pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB 5 pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)

Abstract

Setiap orang memiliki hak yang sama di hadapan hukum berdasarkan asas equality before the law, bahwa setiap orang memiliki kesetaraan hak dalam hukum tanpa terkecuali. Asas ini digunakan untuk mendapatkan kesetaraan seperti penyandang disabilitas. Perlindungan terhadap penyandang disabilitas harus memberikan jaminan berupa kemudahan-kemudahan (aksesibilitas). Namun, di Kota Bandung bus Trans Metro Bandung (TMB) masih belum memberikan kemudahan. Bagaimana perlindungan hukum terhadap penumpang penyandang disabilitas dalam aksesibilitas transportasi publik pada bus TMB dan bagaimana upaya Pemerintah Kota Bandung terhadap aksesibilitas untuk penumpang penyandang disabilitas. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian hukum normatif. Hasil penelitian penulis menunjukan bahwa aksesibilitas pada kegiatan bus TMB masih belum terpenuhi. Pengertian penyandang disabilitas di Kota Bandung masih terlalu sempit yaitu ramah pengguna kursi roda, sehingga aksesibilitas yang disediakan hanya untuk pengguna kursi roda dan upaya pemerintah kota bandung yaitu dengan membentuk perda yaitu Perda Kota Bandung No. 15 Tahun 2019 Tentang Pelindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kota Bandung untuk melindungi hak penyadang disabilitas. Pemerintah harus memberikan perlakuan yang sama dengan menyediakan aksesibilitas yang dapat digunakan oleh semua orang sehingga terwujudnya kesamaan kesempatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Aji Wibowo, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Penyandang Disabilitas, Aksesibilitas, Perlindungan Hukum.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 20 Apr 2021 19:39
Last Modified: 20 Apr 2021 19:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/16301

Actions (login required)

View Item View Item