Tiatri, Sri Pembentukan Karakter melalui Komunikasi Guru dan Siswa. In: Konferensi Nasional dan Workshop Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia, 16-17 Oktober 2010, Malang, Indonesia. (Unpublished)
|
Text
B.30.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendekatan sosial budaya dalam penjelasan terhadap proses belajar menekankan pentingnya kolaborasi dan bahasa, yang berarti juga komunikasi, dalam pembangunan pengetahuan. Dalam konteks sekolah, komunikasi anatara guru dan siswa mempengaruhi pembentukan pengetahuan, sekaligus karakter siswa. Studi ini bermaksud mendeskripsikan proses komunikasi guru-siswa dalam konteks pembelajaran membaca. Partisipan adalah tiga kelompok guru-siswa kelas 6 SD mempelajari tekknik memahami bacaan. Observasi terhadap proses pembelajaran menunjukkan bahwa perilaku siswa terbentuk sebagai reaksi terhadap simulasi dari guru. Apabila proses ini berlangsung dalam jangka panjang, maka dapat terbentuk karakter-karakter ternteu pada diri siswa. Berdasarkan studi ini, komunikasi guru dan siswa perlu menjadi bagian yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajran di sekolah.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, guru, siswa, sosial-budaya, pembelajaran |
Subjects: | Penelitian > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 04:55 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 04:55 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/1634 |
Actions (login required)
View Item |