ANALISIS PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, SEKTOR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN YANG DITAHAN, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN PENAWARAN UMUM PERDANA (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2013-2017

Veronika Jawak, Amelia (2019) ANALISIS PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, SEKTOR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN YANG DITAHAN, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN PENAWARAN UMUM PERDANA (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2013-2017. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Amelia Veronika Jawak 125150481 Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh komisaris independen, sektor perusahaan, kepemilikan yang ditahan, dan umur perusahaan terhadap pengungkapan modal intelektual pada perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana (IPO) di BEI pada tahun 2013-2017. Sampel yang digunakan adalah prospektus perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana (IPO) di BEI pada tahun 2013-2017. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah purposive sampling dan dari pemilihan tersebut dihasilkan sampel sebanyak 74 perusahaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komisaris independen dan sektor perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual. Sementara itu, variabel kepemilikan yang ditahan dan umur perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:00
Last Modified: 21 Apr 2021 03:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/16439

Actions (login required)

View Item View Item