PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH MAJA TERHADAP KADAR MARKER MALONDIALDEHID PADA DARAH DAN PARU TIKUS YANG DIINDUKSI HIPOKSIA SISTEMIK KRONIK

AGUSTINA, RIZKY PUTRI (2018) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH MAJA TERHADAP KADAR MARKER MALONDIALDEHID PADA DARAH DAN PARU TIKUS YANG DIINDUKSI HIPOKSIA SISTEMIK KRONIK. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (339kB)
[img] Text
1.pdf

Download (102kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
6.pdf

Download (169kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (185kB)
[img] Text
lamp.pdf

Download (1MB)

Abstract

Oksigen diperlukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Defisiensi oksigen (hipoksia) menyebabkan peningkatan Reactive Oxygen Species (ROS) yang merupakan molekul reaktif, sehingga terjadi proses peroksidase lipid yang menghasilkan malondialdehid. Stres oksidatif pada organ paru dapat menyebabkan asma bronkial, PPOK, dan kanker paru. Sehingga, ROS harus dinetralisir dengan antioksidan eksogen, salah satunya buah maja. Tujuan : Mengetahui pengaruh buah maja terhadap stres oksidatif pada paru tikus Sprague Dawley yang diinduksi hipoksia sistemik kronik. Metode : Penelitian dilakukan dengan metode eksperimental. Uji in vivo, 32 ekor sample tikus yang ditentukan dengan rumus Federer dibagi 2 kelompok, kelompok uji yang diberikan ekstrak buah maja dan kelompok kontrol tidak. Tiap kelompok memiliki 4 sub-kelompok dengan jenis perlakuan berbeda, yaitu normoksia (P1), hipoksia 3 hari (P2), 7 hari (P3), dan 14 hari (P4). Uji in vitro meliputi uji fitokimia kualitatif, uji kadar fenolik dan flavonoid, uji kapasitas total antioksidan, dan uji toksisitas. Pemeriksaan kadar MDA darah dan paru dengan metode Wills E.D. Hasil : Buah maja mengandung fenolik 3315µg/mL, flavonoid 8.912µg/mL, terpenoid, dan alkaloid. Peningkatan kadar MDA bermakna (p<0.05) pada darah dan paru tikus kontrol dan uji yang dihipoksia dibandingkan dengan normoksia. Peningkatan kadar MDA bermakna (p<0.05) pada darah kontrol dibandingkan uji dengan perlakuan hipoksia 3, 7, dan 14 hari. Peningkatan kadar MDA bermakna (p<0.05) pada paru kontrol dibandingkan uji dengan perlakuan normoksia, hipoksia 3, 7, dan 14 hari. Ada hubungan antara kadar malondialdehid darah dengan paru kelompok tikus kontrol dan uji (p<0.05). Kesimpulan : Buah maja memiliki antioksidan yang dapat menetralisir stress oksidatif yang terjadi karena induksi hipoksia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Limanan, David
Uncontrolled Keywords: Hipoksia, Oxidative stres, Organ Paru, Malondialdehid, Buah Maja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2021 02:35
Last Modified: 28 Apr 2021 02:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/16443

Actions (login required)

View Item View Item