FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUHTERHADAPCORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DANCORPORATE FINANCIAL PERFOMANCE (CFP) (Studi Empiris pada Perusahaan Mining, Oil dan Gas di Indonesia Periode 2014-2017)

SAPUTRA, YONGKI (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUHTERHADAPCORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DANCORPORATE FINANCIAL PERFOMANCE (CFP) (Studi Empiris pada Perusahaan Mining, Oil dan Gas di Indonesia Periode 2014-2017). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Yongki Saputra 127162010 Judul Abstrak.pdf

Download (65kB)
[img] Text
YongkiSaputra127162010BAB I-BAB III.pdf

Download (1MB)

Abstract

Beberapa perusahaan masih berpendapat bahwa CSR merupakan sebuah biaya uyng berujung pada penurunan profitabilitas perusahaaan, namun juga tidak ada yang bisa memastikan jika perusahaan menerapkan CSR akan menjamin peningkatan profitabilitas perusahaan, atas hal ini timbul dua konsep teori yang mendasarinya yaitu, good management theory dan slack resources theory. Inti dari kedua teori tersebut adalah apakah perusahaan akan melaksanakan CSR untuk meningkatkan CFP atau perusahaan yang mempunyai CFP yang baik kemudian akan melaksanakan CSR. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang bersifat korelasional dengan populasi perusahaan pada industri mining, oil dan gas pada periode 2014-2017 yang menerbitkan laporan tahunan dan laporan keberlanjutan, dengan menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) yang diolah dengan sofware SmartPLS 3.0. Hasil yang diperoleh membuktikan good management theory, yaitu CSRberpengaruh terhadap CFP, perusahaan akan cenderung melaksanakan CSR sebagai strategi untuk meningkatkan CFP perusahaan. Hasil ini menolak slack resource theory, yaitu CFP tidak berpengaruh terhadap CSR, kemungkinan karena persepsi yang kelirudari perusahaan sehingga menganggap CSR merupakan suatu biaya yang hanya dapat menurunkan profitabilitas. Analisis deskriptif tambahan juga mendukung hasil secara statistik, pengungkapan CSR pada industri mining, oil dan gas berfokus pada kategori sosial, yang meliputi kesejahteraan karwayan perusahaan dan pengujian CSR memiliki pengaruh besar terhadap ROE yaitu pertanggung jawaban perusahaan terhadap investor.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:26
Last Modified: 15 Jun 2022 08:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/16463

Actions (login required)

View Item View Item