NATHASYA, PRIESCA PRICILIA (2018) HUBUNGAN TEKANAN PSIKOLOGIS DAN PENUNDAAN AKADEMIK (ACADEMIC PROCRASTINATION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
top.pdf Download (1MB) |
|
Text
1.pdf Download (135kB) |
|
Text
2.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
Text
3.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
4.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
5.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
Text
6.pdf Download (121kB) |
|
Text
dapus.pdf Download (148kB) |
|
Text
lamp.pdf Download (943kB) |
Abstract
Tekanan psikologis dapat dialami oleh setiap individu terutama mahasiswa kedokteran. Tekanan psikologis dapat menyebabkan mahasiswa melakukan tindakan academic procrastination, yaitu penundaan melakukan tugas atau kegiatan akademik tanpa alasan yang jelas. Kedua hal tersebut dapat memengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tekanan psikologis dan academic procrastination terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Penelitian ini bersifat cross sectional, dengan menggunakan kuesioner General Health Questionnaire–12 untuk mengukur tekanan psikologis dan kuesioner Procrastination Assessment Scale for Students untuk mengukur tindakan academic procrastination. Prestasi belajar didapatkan dari pengumuman hasil ujian tulis. Pada penelitian ini didapatkan sebanyak 42,9% mengalami tekanan psikologis dan 45,3% melakukan tindakan academic procrastination. Selain itu, didapatkan sebanyak 61,5% lulus ujian tulis. Pada penelitian ini tidak ditemukan adanya hubungan antara tekanan psikologis dan academic procrastonation (p >0,05), hubungan tekanan psikologis dengan prestasi belajar (p >0,05) serta hubungan academic procrastination dengan prestasi belajar (p >0,05). Tekanan psikologis tidak selalu menyebabkan mahasiswa melakukan tindakan academic procrastination sehingga tidak selalu menyebabkan penurunan prestasi belajar. Self regulated learning dan motivasi tinggi untuk berprestasi memiliki peranan penting dalam mengatasi tekanan psikologis dan tindakan academic procrastination yang dilakukan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Irawaty, Enny |
Uncontrolled Keywords: | tekanan psikologis, academic procrastination, prestasi belajar, mahasiswa kedokteran |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran |
Depositing User: | FK Perpus |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 06:28 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 06:28 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/16493 |
Actions (login required)
View Item |