HUBUNGAN TEKANAN PSIKOLOGIS DAN PENUNDAAN AKADEMIK (ACADEMIC PROCRASTINATION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA

NATHASYA, PRIESCA PRICILIA (2018) HUBUNGAN TEKANAN PSIKOLOGIS DAN PENUNDAAN AKADEMIK (ACADEMIC PROCRASTINATION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1.pdf

Download (135kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
6.pdf

Download (121kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (148kB)
[img] Text
lamp.pdf

Download (943kB)

Abstract

Tekanan psikologis dapat dialami oleh setiap individu terutama mahasiswa kedokteran. Tekanan psikologis dapat menyebabkan mahasiswa melakukan tindakan academic procrastination, yaitu penundaan melakukan tugas atau kegiatan akademik tanpa alasan yang jelas. Kedua hal tersebut dapat memengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tekanan psikologis dan academic procrastination terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Penelitian ini bersifat cross sectional, dengan menggunakan kuesioner General Health Questionnaire–12 untuk mengukur tekanan psikologis dan kuesioner Procrastination Assessment Scale for Students untuk mengukur tindakan academic procrastination. Prestasi belajar didapatkan dari pengumuman hasil ujian tulis. Pada penelitian ini didapatkan sebanyak 42,9% mengalami tekanan psikologis dan 45,3% melakukan tindakan academic procrastination. Selain itu, didapatkan sebanyak 61,5% lulus ujian tulis. Pada penelitian ini tidak ditemukan adanya hubungan antara tekanan psikologis dan academic procrastonation (p >0,05), hubungan tekanan psikologis dengan prestasi belajar (p >0,05) serta hubungan academic procrastination dengan prestasi belajar (p >0,05). Tekanan psikologis tidak selalu menyebabkan mahasiswa melakukan tindakan academic procrastination sehingga tidak selalu menyebabkan penurunan prestasi belajar. Self regulated learning dan motivasi tinggi untuk berprestasi memiliki peranan penting dalam mengatasi tekanan psikologis dan tindakan academic procrastination yang dilakukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Irawaty, Enny
Uncontrolled Keywords: tekanan psikologis, academic procrastination, prestasi belajar, mahasiswa kedokteran
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 Apr 2021 06:28
Last Modified: 27 Apr 2021 06:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/16493

Actions (login required)

View Item View Item