HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN KLINIS DASAR PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN ANGKATAN 2015

IPSAN, PETRUS MARIO TROMP (2018) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN KLINIS DASAR PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN ANGKATAN 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (359kB)
[img] Text
1.pdf

Download (28kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
6.pdf

Download (92kB)
[img] Text
end.pdf

Download (465kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (196kB)

Abstract

Gaya belajar adalah metode terbaik yang digunakan seseorang untuk menyerap informasi dari lingkungan sekitarnya. Mahasiswa harus menerapkan gaya belajar yang tepat bagi dirinya untuk menunjang pembelajaran sehingga didapatkan prestasi akademis yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar yang digunakan pada mahasiswa kedokteran dan hubungannya dengan hasil belajar keterampilan klinis dasar (KKD). Penelitian ini dilakukan pada 114 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angakatan 2015 dengan menggunakan desain cross sectional. Kuesioner VARK digunakan untuk mengetahui gambaran gaya belajar mahasiswa. Gaya belajar yang paling banyak digunakan oleh responden yaitu aural (34,2%), diikuti kinesthetic (27,2%), readwrite (15,8%), dan visual (7,9%). Hasil belajar KKD didapatkan sebanyak 53,5% lulus salah satu ujian, 31,6% tidak lulus semua ujian, dan 14,9% lulus semua ujian. Hasil belajar KKD didapatkan memiliki hubungan yang bermakna dengan gaya belajar multimodal (p 0,004) dan aural (p 0,034). Gaya belajar lain tidak didapatkan hubungan yang bermakna (p>0,05). Pendidikan kedokteran meliputi pembelajaran teori dan keterampilan klinis sehingga mahasiswa perlu menerapkan berbagai macam gaya belajar (multimodal) agar mendapat hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Irawaty, Enny
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, visual, aural, read-write, kinesthetic, mahasiswa kedokteran, keterampilan klinis
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 Apr 2021 00:25
Last Modified: 27 Apr 2021 00:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/16618

Actions (login required)

View Item View Item