Perlindungan Hukum Konsumen Atas Ketidaksesuaian Ukuran Luas (Semi Gross) Dalam Jual Beli Satuan Rumah Susun Bogor Valley Reidence, Bogor (Studi Putusan No 190/PDT/2018/PT.BDG)

Sutanto, Adrian Winata (2020) Perlindungan Hukum Konsumen Atas Ketidaksesuaian Ukuran Luas (Semi Gross) Dalam Jual Beli Satuan Rumah Susun Bogor Valley Reidence, Bogor (Studi Putusan No 190/PDT/2018/PT.BDG). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (215kB)
[img] Text
lembar PENGESAHAN_ADRIAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
sk persetujuan skripsi adrian winata.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR ISI ADRIAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)

Abstract

Rumah susun merupakan jawaban dari permasalahan pemukiman yang terjadi di setiap daerah. Pembangunan dan pemasaran rumah susun sendiri dapat dilakukan oleh negara maupun oleh developer, pembangunan dan pemasaran rumah susun yang dilakukan oleh PT. Binakarya Citra Buana telah merugikan Tn. Erison dan para konsumen yang berujung pada gugatan ke pengadilan. Apakah putusan Pengadilan Tinggi Jawa Barat No. 190/PDT/2018/PT.BDG bertentangan dengan Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) terkait pembelian apartemen Bogor Valley Residence oleh Konsumen (Tn. Erison). Apa perlindungan Hukum yang diperoleh oleh konsumen (Tn. Erison) dalam kasus tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normative dengan menggunakan bahan hukum sekunder yang dianalisis secara preskiptif dengan pendekatan Undang-Undang dan kasus. Berdasarkan hasil anilisis putusan pengadilan tersebut tidak sesuai dengan pasal 7 dan 8 UUPK. Adapun upaya hukum yang dilakukan oleh konsumen (Tn. Erison) yang mengajukan gugatan ke pengadilan atas dasar gugatan perdata wanpretasi ternyata belum memenuhi gugatan yang diinginkan (Tn.Erison). Berdasarkan UUPK khususnya pasal 45 ayat 2 UUPK sebelum mengajukan gugatan melalui pengadilan dan diluar pengadilan hendaknya berkonsultasi terlebih dahulu ke badan perlindungan konsumen berdasarkan UUPK. Sebagai saran, gugatan yang diajukan oleh konsumen (Tn. Erison) seharusnya dilakukan melalui BPSK dengan merujuk pada pasal 7 dan 8 UUPK sebelum mengajukan gugatan ke pengadilan. Berdasarkan hasil penelitian maka sudah terbukti bahwa PT. Binakarya Citra Buana telah melanggar beberapa ketentuan-ketentuan yang terdapat didalam UUPK, namun Tn. Erison menggugat hanya berdasarkan gugatan perdata wanprestasi, perlu adanya sosialisasi hak dan kewajiban konsumen serta keberadaan Badan dan Lembaga Penyelesaian sengketa konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sri Bakti Yunari,SH.MH
Uncontrolled Keywords: Luas Unit, Perjanjian Jual Beli, Perlindungan Konsumen
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 21 Apr 2021 09:30
Last Modified: 21 Apr 2021 09:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/16754

Actions (login required)

View Item View Item