Taman bermain anak (ARS - 3799)

Dewi, Dewi (2012) Taman bermain anak (ARS - 3799). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
315080078_Dewi_01 Abstrak.pdf

Download (11kB)

Abstract

Sekitar lebih dari 90% anak-anak di seluruh dunia bermain video game. Video game membawa dampak positif dan dampak negatif untuk anak-anak. Salah satu dampak negatifnya adalah mengganggu fisik dan sistem motorik anak-anak karena anak lebih banyak duduk saat bermain. Selain itu, anak-anak membatasi interaksi sosialnya dengan teman-temannya. Faktanya dalam teori psikologi anak mengatakan bahwa dalam masa perkembangan, anak diminta untuk mengembangkan ketrampilan fisik dan belajar bergaul dengan teman sebayanya. Anak mengerti dan melihat ruang sebagai dunianya dari ruang dimana mereka dapat bermain secara spontan. Tujuan dari proyek ini adalah sarana bermain anak dimana anak dapat mengembangkan ketrampilan fisik dan berinteraksi sosial dengan teman sebayanya. Sasaran utama proyek ini adalah anak-anak berusia 5-12 tahun. Usia ini merupakan usia sekolah dasar dimana anak-anak mulai belajar bergaul dan bekerja dengan teman sebayanya serta mengembangkan ketrampilan fisik mereka. Fasilitas yang disediakan berdasarkan teori bermain yaitu fasilitas permainan aktif dan permainan pasif. Selain itu, terdapat fasilitas pendukung berupa fasilitas ruang ulangtahun dan tempat makan. Fasilitas pelengkap yang disediakan berupa kios mainan. Tema permainan adalah fantasi kehidupan laut dengan subtema-subtema khusus mengadaptasi kartun-kartun imajinasi anak-anak. Konsep sirkulasi bangunan mengadaptasi konsep video game yaitu kontinuitas, naik dan turun, dan menembus sisi ruang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 21 Apr 2021 12:28
Last Modified: 02 Jul 2021 04:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/16900

Actions (login required)

View Item View Item