Perlindungan hukum terhadap kreditur bank dan tanggung jawab debitur atas musnahnya jaminan fiducia dalam perjanjian kredit.

Simamora, Junica (2019) Perlindungan hukum terhadap kreditur bank dan tanggung jawab debitur atas musnahnya jaminan fiducia dalam perjanjian kredit. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (118kB)
[img] Text
4 DAFTAR ISI 21-06-2019 Tesis.pdf

Download (79kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
2 Scan Pengesahan Dan SK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perjanjian kredit merupakan ikatan antara kreditur dan debitur yang isinya menentukan dan mengatur hak dan kewajiban kedua belah pihak sehubungan dengan pemberian kredit. Jaminan adalah merupakan sarana perlindungan bagi keamanan kreditur, yaitu kepastian atas pelunasan utang debitur atau pelaksanaan suatu prestasi oleh debitur atau oleh penjamin debitur. Keberadaan jaminan merupakan persyaratan untuk memperkecil resiko dalam menyalurkan kredit. Dalam penulisan ini permasalahan yang diangkat yaitu bagaimana perlindungan hukum kreditur bank atas musnahnya benda jaminan fidusia dan bagaimana tanggung jawab debitur pada bank terhadap benda jaminan fidusia yang musnah. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian hukum normatif, berdasarkan peraturan-peraturan, doktrin hukum. Kesimpulan yang diperoleh adalah perlindungan hukum kreditur bank yang diberikan oleh pemerintah dibagi menjadi dua yaitu perlindungan hukum preventif dan perlindungan hukum represif, selain itu asas-asas pokok jaminan fidusia juga merupakan sarana perlindungan hukum yang diberikan kepada kreditur menurut Undang-undang nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia. Tanggung jawab debitur pada bank sebagai pemberi fidusia atas musnahnya objek jaminan fidusia secara umum debitur bertanggung jawab mengembalikan pinjaman kredit kepada kreditur, walaupun objek jaminan fidusia tersebut diasuransikan maupun tidak diasuransikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ariawan Gunadi SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Tanggung Jawab, Musnahnya, Jaminan Fidusia, Perjanjian Kredit
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2021 01:31
Last Modified: 22 Apr 2021 01:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/17168

Actions (login required)

View Item View Item