GAMBARAN KESIAPAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2015 - 2018 DALAM MEMPRAKTIKKAN SELF-DIRECTED LEARNING

Fahriasandy, Reyhan (2019) GAMBARAN KESIAPAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2015 - 2018 DALAM MEMPRAKTIKKAN SELF-DIRECTED LEARNING. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Orisinalitas.pdf

Download (158kB)
[img] Text
1.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
6.pdf

Download (24kB)
[img] Text
ref.pdf

Download (9kB)
[img] Text
lamp.pdf

Download (819kB)

Abstract

GAMBARAN KESIAPAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2015 – 2018 DALAM MEMPRAKTIKKAN SELF-DIRECTED LEARNING. Self-Directed Learning (SDL) adalah pengetahuan, keterampilan, pencapaian, atau pengembangan diri sendiri yang dicapai individu dengan usahanya sendiri. SDL memungkinkan mahasiswa untuk menyesuaikan pendekatan belajar sesuai dengan rancangan mereka sendiri, dan mempersiapkan mahasiswa untuk dapat belajar sepanjang hayat. Kemampuan belajar sepanjang hayat ini sangat dibutuhkan tidak hanya sebagai mahasiswa tetapi juga dalam kehidupan sebagai dokter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesiapan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2015 – 2018 dalam mempraktikkan self-directed learning. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner self-directed learning readiness scale (SDLRS) modifikasi Zulharman et al. dan kuesioner faktor-faktor lainnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan, tingkat SDLR responden mayoritas tinggi, dan tidak ada satupun yang memiliki tingkat SDLR rendah. Mahasiswa semester 1 mempunyai rata-rata skor SDLR 144,06, dengan 70 orang (81,4%) berada pada tingkat SDLR tinggi. Mahasiswa semester 3 mempunyai rata-rata skor SDLR 135,12 dengan 51 orang (59,3%) berada pada tingkat SDLR tinggi. Mahasiswa semester 5 mempunyai rata-rata skor SDLR 137,40 dengan 50 orang (58,1%) berada pada tingkat SDLR tinggi. Mahasiswa semester 7 mempunyai rata-rata skor SDLR 136,01 dengan 53 orang (61,4%) berada pada tingkat SDLR tinggi. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara untuk melakukan SDL yaitu jenis kelamin, usia, gaya belajar, mood, kesehatan, pendidikan, manajemen waktu belajar, tempat belajar, motivasi belajar, dan akses terhadap sumber belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widjaja, Yoanita
Uncontrolled Keywords: self-directed learning, self-directed learning readiness, faktorfaktor yang mempengaruhi SDLR
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 03 May 2021 06:46
Last Modified: 03 May 2021 06:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/17214

Actions (login required)

View Item View Item