PENERIMAAN JEMAAT LGBT OLEH GEREJA (STUDI KOMUNIKASI PERBANDINGAN GEREJA KOMUNITAS ANUGERAH JAKARTA DAN METROPOLITAN COMMUNITY CHURCH OF TORONTO DALAM PENERIMAAN JEMAAT LGBT)

Ramadhanti, Aureliya (2020) PENERIMAAN JEMAAT LGBT OLEH GEREJA (STUDI KOMUNIKASI PERBANDINGAN GEREJA KOMUNITAS ANUGERAH JAKARTA DAN METROPOLITAN COMMUNITY CHURCH OF TORONTO DALAM PENERIMAAN JEMAAT LGBT). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
abstrak aurelia.pdf

Download (488kB)

Abstract

LGBT merupakan isu penyimpangan seksual yang hingga saat ini masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat khususnya dalam lingkup keagamaan. Gereja yang merupakan suatu komunitas dengan kepercayaan yang sama untuk beribadah pada umumnya memiliki ajaran dengan tafsiran menganggap bahwa LGBT adalah suatu dosa. Gereja Komunitas Anugerah dan Metropolitan Community Church of Toronto adalah gereja yang secara terbuka menerima jemaat LGBT, karena menganggap pada dasarnya di dalam Alkitab tidak ada ayat tertulis bahwa LGBT merupakan bentuk dosa. Gereja Komunitas Anugerah merupakan gereja pertama di Indonesia yang menerima jemaat LGBT dan memiliki kegiatan diskusi di hari Jumat untuk mendukung LGBT. Metropolitan Community Church of Toronto dibangun oleh seorang homoseksual dan memiliki ruang konseling khusus LGBT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gereja Komunitas Anugerah yang masih terhalang ruang geraknya karena stigma negatif masyarakat tentang LGBT dan karena mempunyai jemaat yang cenderung sedikit sehingga interaksi jemaat terjalin dengan erat sedangkan Metropolitan Community Church of Toronto mendapat dukungan dari masyarakat karena hukum pemerintah yang sudah mengijinkan pernikahan sesama jenis dan karena memiliki jumlah jemaat yang banyak membuat interaksi jemaat cenderung memiliki jarak. Kata Kunci: Penerimaan Jemaat LGBT, Komunikasi, Gereja Komunitas Anugerah, Metropolitan Community Church of Toronto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:46
Last Modified: 27 Apr 2021 03:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/17369

Actions (login required)

View Item View Item