Tinjauan Yuridis terhadap bukti surat Occupatie Verguning dalam hal penguasaan atas tanah : studi Putusan No. 629 pk/pdt/2015

Marcela, Marcela (2019) Tinjauan Yuridis terhadap bukti surat Occupatie Verguning dalam hal penguasaan atas tanah : studi Putusan No. 629 pk/pdt/2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (10kB)
[img] Text
TANDA PERSETUJUAN (TANDATANGAN).pdf

Download (304kB)
[img] Text
SURAT PENGESAHAN (TANDATANGAN).pdf

Download (371kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
abstrak fix.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini tentang pembuktian surat izin occupatie verguning dalam hal penguasaan atas tanah, terkait tanda bukti seperti pada kasus putusan Peninjauan Kembali No. 629 pk/pdt/2015 dalam putusan Peninjauan Kembali menyatakan bahwa pemegang surat occupatie verguning adalah pemilik dari objek tanah tersebut sehingga menimbulkan masalah Bagaimana kedudukan surat occupatie verguning dalam hal pembuktian kepemilikan tanah berdasarkan UUPA dan Peraturan Pelaksanaannya? dan Apa yang menjadi Pertimbangan hakim dalam putusan Peninjuan Kembali No. 629 pk/pdt/2015? Dalam hal ini menggunakan metode penelitian normatif didukung dengan data wawancara yang menggunakan teori sejarah hak atas tanah sebelum dan sesudah UUPA, sejarah pendaftaran tanah sebelum dan sesudah UUPA. Jadi kedudukan Occupatie Vergunning dilihat dari hak-hak atas tanah sebelum berlakunya UUPA dan hak-hak atas tanah setelah berlakunya UUPA, maka Occupatie Vergunning ini bukanlah termasuk dalam hak-hak yang ada pada masa sebelum berlakunya UUPA maupun hak-hak perorangan/individu yang ada pada masa setelah berlakunya UUPA, hal ini dikarenakan Occupatie Vergunning ini hanya sebatas izin mempergunakan tanah. Dengan demikian, jika berdasarkan UUPA, maka Occupatie Vergunning bukan termasuk dalam hak-hak atas tanah di Indonesia. Jadi bagi pemerintah, sebaiknya lebih mensosialisasikan mengenai sistem pendaftaran tanah terhadap tanah-tanah lama sebelum diberlakukan UUPA untuk mengurangi sengketa tanah dan bagi masyarakat, sebaiknya dalam membeli suatu objek tanah, kita harus lebih memperhatikan jejak historis kepemilikan atas objek tanah tersebut yang ingin dimiliki, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hasni, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pendaftaran Tanah, Hak Atas Tanah, Occupatie Vergunning, Putusan Hakim
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2021 05:14
Last Modified: 04 May 2021 04:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/17414

Actions (login required)

View Item View Item