Tanggung jawab PT. Jasa Marga terhadap pelanggaran hak keselamatan pengguna jalan Tol ditinjau dari Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang jalan Tol

Techtonia, Mayskhye (2019) Tanggung jawab PT. Jasa Marga terhadap pelanggaran hak keselamatan pengguna jalan Tol ditinjau dari Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang jalan Tol. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi yang sangat penting di dalam kehidupan masyarakat yang menjadi urat nadi serta mempunyai peranan penting didalam usaha pengembangan kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya pembangunan jalan tol yang aman dan nyaman dalam perjalanan. Namun seiring berkembangnya zaman, mengakibatkan banyak masalah yang terjadi terkait keselamatan di jalan tol sehingga timbul pertanyaan: Bagaimana perlindungan hukum terhadap pengguna jalan tol dalam hak keselamatan di jalan tol? Bagaimana Tanggung Jawab PT. Jasa Marga terhadap pelanggaran keselamatan pengguna jalan tol ditinjau dari Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang jalan tol? Secara normatif perlindungan hukum pengguna jalan tol telah diatur dalam beberapa Peraturan yang meliputi Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 serta dilengkapi secara eksplisit oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Namun apa yang diatur di dalam peraturan tersebut terhadap perlindungan dan tanggung jawab yang telah diberikan oleh PT Jasa Marga belum sepenuhnya terealisasikan terutama konsumen pengguna jalan tol dalam hak keselamatan di jalan tol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. A. M. Tri Anggraini, S.H, M.H.
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Perlindungan Hukum, Tanggung Jawab Pelaku Usaha, Hak keselamatan konsumen.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2021 05:47
Last Modified: 04 May 2021 04:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/17438

Actions (login required)

View Item View Item