Perlindungan Hukum Terhadap Kreditor Pemohon Pailit Dan Penundan Kewajiban Pembayaran Utang Yang Memiliki Piutang Atas Dasar Pengalihan Piutang Secara Cessie

Rukmana, Agam (2019) Perlindungan Hukum Terhadap Kreditor Pemohon Pailit Dan Penundan Kewajiban Pembayaran Utang Yang Memiliki Piutang Atas Dasar Pengalihan Piutang Secara Cessie. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1.Cover Judul.pdf

Download (103kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
4.Daftar Isi.pdf

Download (157kB)
[img] Text
12.Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB)
[img] Text
5.Tanda Persetujuan Siap Uji.PDF

Download (108kB)
[img] Text
6.Tanda Pengesahan Tesis.PDF

Download (129kB)

Abstract

Cessie adalah suatu cara pengalihan piutang atas nama yang telah diatur dalam Pasal 613 KUH Perdata. Meskipun pengalihan piutang itu telah melalui tahapan pengalihan piutang secara cessie, namun di dalam praktek, seringkali pengalihan piutang cessie itu dipermasalahkan keabsahannya, atau proses pengalihan piutang dipermasalahkan sehingga dan menjadi eksepsi dalam jawaban gugatan. Begitupun ketika cessionaris, oleh karena kesulitan menagih utang yang telah jatuh tempo, mengajukan permohonan pailit atau Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) ke Pengadilan Niaga, yang pada pokoknya berisi penawaran penyelesaian kewajiban Termohon kepada Para Pemohon dalam ketentuan hukum yang jelas dan pasti, namun permohonan tersebut ditolak dikarenakan keabsahan akta cessie dipertanyakan. Permasalahannya adalah bagaimana mekanisme pengalihan piutang secara cessie berdasarkan peraturan yang berlaku di Indonesia dan bagaimana perlindungan hukum terhadap kreditur pemohon PKPU yang memiliki piutang atas dasar pengalihan piutang dengan cara cessie. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dalam penelitian ini penulis menggunakan metode yuridis normatif, yaitu penelitian yang dititikberatkan untuk mengkaji penerapan kaidah-kaidah atau norma-norma hukum positif. Setelah penulis menganalisa dapat diambil kesimpulan bahwa mekanisme pengalihan cessie harus dijalankan dengan benar, dan pengetahuan dan kebijakan hakim sangat diperlukan dalam petimbangannya sehingga perlindungan hukum kreditur pemohon pailit dan PKPU yang Memiliki Piutang Atas Dasar Pengalihan Piutang Secara Cessie lebih terjamin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Zainal Arifin Hoesein, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pengalihan Piutang, Cessie, Kepailitan
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2021 06:05
Last Modified: 22 Apr 2021 06:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/17517

Actions (login required)

View Item View Item