Perlindungan hukum hak milik atas tanah dalam hal terjadi gugatan oleh pihak lain : studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 1820/K/Pdt/2017

Gunawan, Novia (2019) Perlindungan hukum hak milik atas tanah dalam hal terjadi gugatan oleh pihak lain : studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 1820/K/Pdt/2017. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
TANDA PERSETUJUAN PDF.pdf

Download (172kB)
[img] Text
TANDA PENGESAHAN PDF.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB)

Abstract

Tanah adalah permukaan bumi yang memiliki berbagai macam hak, salah satunya adalah hak milik atas tanah.. hak milik atas tanah merupakan hak yang diberikan oleh Negara agar dapat dimiliki oleh warga negara Indonesia dengan cara melakukan pendaftaran tanah. Pendaftaran tanah dilakukan untuk memberikan jaminan kepastian hukum dan perlindungan hukum bagi setiap pemilik tanah. Meskipun upaya pendaftaran tanah telah dilakukan, pada kenyataannya tetap menimbulkan sengketa tanah, seperti sertipikat yang tumpang tindih , ataupun sertipikat palsu. Seperti contoh kasus pada Putusan Mahkamah Agung No. 1820 K/Pdt/2017 yaitu terbitnya dua sertipikat hak milik atas tanah yang sama. Apakah jual beli yang dilakukan antara Yuni dan Rusman memenuhi syarat sahnya jual beli ? Bagaimana perlindungan hukum terhadap Yuni sebagai pemilik tanah dalam hal terjadi gugatan dari pihak lain ? Penulis meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode hukum normatif dan menggunakan data wawancara sebagai data penunjang. Hasil penelitian mengungkap bahwa jual beli tanah waris antara Yuni dengan Rusman telah memenuhi syarat sahnya jual beli dan perlindungan hukum terhadap yuni sebagai pemilik tanah perlindungan hukum represif yaitu didapatkan hanya dengan pengajuan Gugatan ke Pengadilan Negeri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Endang Pandamdari, S.H., CN., M.H.
Uncontrolled Keywords: Hak Milik, Sertipikat Hak Milik, Jual Beli Tanah
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2021 06:06
Last Modified: 04 May 2021 04:14
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/17521

Actions (login required)

View Item View Item