Perlindungan hukum terhadap konsumen atas praktek kecurangan Argometer di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) ditinjau dari Undang-undang No.8 Tahun 1999 tentang perlindungan Konsumen : studi kasus pada SPBU di Ciputat Tangerang Selatan Tahun 2018

Prafesti, Prilla Tri Anggun (2019) Perlindungan hukum terhadap konsumen atas praktek kecurangan Argometer di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) ditinjau dari Undang-undang No.8 Tahun 1999 tentang perlindungan Konsumen : studi kasus pada SPBU di Ciputat Tangerang Selatan Tahun 2018. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER PRILLA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI SIAP DIUJI.PDF

Download (179kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.PDF

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

F. Transportasi telah berkembang seiring dengan perkembangan zaman salah satunya adalah kendaraan bermotor di Indonesia yang mengakibatkan kebutuhan konsumen akan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) sangat besar, salah satu perusahaan penyedia BBM adalah PT.Pertamina yang telah memiliki nilai tukar dan takaran BBM yang ditentukan oleh mereka dan Bagaimana Bentuk Perlindungan Hukum atas kecurangan yang dialami Konsumen terkait pengisian BBM (bahan bakar minyak) berdasarkan No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen? Penulis meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode Penelitian Hukum normatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan data sekunder dan data primer sebagai data penunjang yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan masih terdapat kelemahan terhadap Perlindungan Hukum bagi Konsumen terkait dengan nilai tukar dan takaran yang diberlakukan oleh PT.Pertamina karena adanya pelanggaran yaitu BBM yang diberikan tidak sesuai dengan takaran, ukuran dan jumlah yang sesuai. Untuk itu penulis menyarankan kepada PT. Pertamina selaku pelaku usaha sebaiknya melaksanakan kewajibannya yang terdapat dalam Pasal 7 UUPK agar tidak ada Konsumen yang dirugikan dan PT.Pertamina sebagai pelaku usaha sebaiknya meningatkan pelayanan sesuai dengan SOP dan beritikat baik dalam menjalankan usaha serta memberikan informasi yang jelas kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. A.M. Tri Anggraini.,S.H.,M.H
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2021 06:19
Last Modified: 04 May 2021 04:14
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/17525

Actions (login required)

View Item View Item