Penerapan Nominee Arrangement Dalam Penanaman Modal Asing Di Indonesia : (Studi Tentang Pengaturan dan Penerapan Nominee Arrangement dalam Peraturan Perundang-undangan di Indonesia)

Yanawati, Yanawati (2019) Penerapan Nominee Arrangement Dalam Penanaman Modal Asing Di Indonesia : (Studi Tentang Pengaturan dan Penerapan Nominee Arrangement dalam Peraturan Perundang-undangan di Indonesia). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI REVISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Tanda Pengesahan Tesis.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Tanda Persetujuan Tesis.pdf

Download (325kB)

Abstract

Dalam dekade terakhir ini atau yang mana sering juga disebut sebagai era globalisasi, Indonesia termasuk dalam kategori salah satu negara yang masih berkembang. Negara berkembang merupakan negara yang masih terus memperbaharui kondisi negaranya. Dalam peraturan perundang-undangan Penanaman Modal Nomor 25 Tahun 2007 telah diatur mengenai ketentuan larangan pinjam nama. Perjanjian pinjam nama (nominee) dikategorikan sebagai penyelundupan hukum karena warga Negara asing masih bisa memiliki saham 100% secara tidak langsung. Bagaimana kedudukan nominee arrangement dalam pelaksanaan investasi di Indonesia? Bagaimana prospek nominee arrangement pada penanaman modal asing di Indonesia? (Studi Kasus Hoi Fat alias Patrick Pangestu). Penggunaan pinjam nama yang dilakukan oleh Hoi Fat tentu hanya menguntungkan satu pihak saja, maka dari itu diatur mengenai batas kepemilikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum normatif. Teori yang digunakan adalah penanaman modal, modal asing, dan nominee arrangement. Ketentuan telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Persoran Terbatas dan diatur juga dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal. Hasil penelitian berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan adalah untuk mendapatkan kepastian hukum bagi yang namanya dipinjam (nominee) oleh pihak yang berkepentingan dalam hal ini adalah pemilik modal. Meskipun sudah diatur tersendiri dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007, tetapi dalam praktiknya masih saja ditemukan penggunaan pinjam nama untuk bisa mendirikan perseroan terbatas dan untuk menghindari pajak yang besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Zainal Arifin Hosein, S.H., M.H.,
Uncontrolled Keywords: Nominee Arrangement, Penanaman Modal, Modal Asing;
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2021 06:56
Last Modified: 22 Apr 2021 06:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/17626

Actions (login required)

View Item View Item