Sekolah alam Baruna Bahari (no. skripsi : 3012)

Pranata, Hedista Rani (2015) Sekolah alam Baruna Bahari (no. skripsi : 3012). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
315110032_Hedista Rani Pranata_01 Cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
315110032_Hedista Rani Pranata_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (28kB)
[img] Text
315110032_Hedista Rani Pranata_03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (6kB)
[img] Text
315110032_Hedista Rani Pranata_04 Kata Pengantar.pdf

Download (237kB)
[img] Text
315110032_Hedista Rani Pranata_05 Abstrak.pdf

Download (117kB)
[img] Text
315110032_Hedista Rani Pranata_06 Daftar Isi.pdf

Download (76kB)

Abstract

Keterbelakangan pengetahuan anak-anak Indonesia tentang alam Indonesia, khususnya di bidang maritim, setidaknya disebabkan oleh kurikulum pendidikan yang masih terpusat pada guru dan buku teks tanpa interaksi atau koneksi langsung dengan objek pembelajarannya. Fakta ini menjadi ironi bagi negara Indonesia yang sedang dalam perjalanan untuk merebut kejayaan maritimnya kembali. Membangkitkan semangat maritim bangsa Indonesia adalah tantangan besar dan sulit dijawab dalam waktu singkat. Dibutuhkan warisan semangat dari generasi ke generasi, bukan hanya dari pemerintah. Pendidikan dasar di sekolah menjadi titik yang paling signifikan untuk revolusi mental generasi muda Indonesia. Selain anak banyak menghabiskan waktunya di sekolah, rupanya kapabilitas kecerdasan orang dewasa berkembang pesat pada usia 6-12 tahun. Masa emas ini hanya datang sekali, sehingga sayang untuk dilewatkan. Oleh karena itu, Sekolah Alam Baruna Bahari berniat untuk memupuk semangat cinta alam tanah air, khususnya di bidang maritim, kepada bibit-bibit penerus bangsa. Selain itu, kehadirannya diharapkan menyadarkan masyarakat luas akan pentingnya kurikulum maritim yang diterapkan ke dalam kurikulum sekolah dengan cara yang menarik, sehingga peserta didik memiliki jiwa juang tinggi, aktif, dan kreatif. Untuk itu penulis mengkaji tentang aspek perkembangan anak serta melakukan survei terhadap sekolah-sekolah dasar yang ada di Jakarta dan tempat lain, sehingga menghasilkan sebuah perancangan sekolah alam yang memungkinkan peserta didik untuk bebas bereksplorasi, serta sedikit mendekonstruksi tipologi sekolah dasar pada umumnya. Perancangan tersebut menghasilkan interaksi ruang luar dan ruang dalam tanpa batas, dengan memperhitungkan aspek psikomotorik, kognitif, sosial, dan emosional pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 22 Apr 2021 06:57
Last Modified: 26 Jul 2021 14:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/17631

Actions (login required)

View Item View Item