HUBUNGAN PENGGUNAAN KAOS KAKI TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR CANDIDA SP. PADA KULIT KAKI SEHAT MAHASISWA/I UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHUN 2018

UDAKADHARMA, SOPAKA (2018) HUBUNGAN PENGGUNAAN KAOS KAKI TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR CANDIDA SP. PADA KULIT KAKI SEHAT MAHASISWA/I UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (374kB)
[img] Text
1.pdf

Download (31kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
6.pdf

Download (8kB)
[img] Text
ref.pdf

Download (127kB)

Abstract

Candida sp. tumbuh dan berkembang baik pada keadaan yang hangat dan lembab. Penggunaan kaos kaki, terutama kaos kaki polyester yang menggunakan bahan tidak mudah menyerap keringat adalah salah satu faktor predisposisi tumbuhnya jamur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan kaos kaki dengan tumbuhnya jamur Candida sp. dan mengetahui adanya kolonisasi jamur Candida sp. pada kulit kaki sehat. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan analisa chi square. Cara pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling pada 62 responden yang terdiri dari 35 orang yang memakai kaos kaki dan 27 orang yang tidak memakai kaos kaki. Sampel diambil dengan cara mengusap lidi kapas steril yang telah dibasahi dengan NaCl 0.9% steril di sela-sela jari kedua kaki, kemudian dibiak pada media sabouraud dextrose agar. Setelah itu koloni yang diperiksa secara makroskopik dan mikroskopik dengan mikroskop cahaya. Pada penelitian ini didapatkan hasil positif berupa tumbuhnya koloni jamur Candida sp. pada 12 sampel (19.4%) dimana 7 (11.3%) diantaranya merupakan pengguna kaos kaki. Tidak ada hubungan yang bermakna antara penggunaan kaos kaki dengan pertumbuhan jamur Candida sp. (p value = 1.00). Meskipun secara statistik tidak ditemukan adanya hubungan penggunaan kaos kaki terhadap tumbuhnya jamur Candida sp., tetapi dengan ditemukannya Candida sp. pada sela jari kaki sehat merupakan peringatan bagi mahasiswa/i untuk selalu menjaga kebershian kaki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Budiarso, Linda S.
Uncontrolled Keywords: jamur, Candida sp., kaos kaki
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 03 May 2021 06:44
Last Modified: 03 May 2021 06:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/17647

Actions (login required)

View Item View Item