Penentuan kapasitas jalan 4 lajur 2 arah terbagi dan tidak terbagi dengan metode MKJI, konsep PKJI, dan survei (TS - 2537)

Kurniawan, Dennis Anugrah (2019) Penentuan kapasitas jalan 4 lajur 2 arah terbagi dan tidak terbagi dengan metode MKJI, konsep PKJI, dan survei (TS - 2537). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325150117_Dennis Anugrah Kurniawan_01 Cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
325150117_Dennis Anugrah Kurniawan_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (8kB)
[img] Text
325150117_Dennis Anugrah Kurniawan_03 Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
325150117_Dennis Anugrah Kurniawan_04 Lembar Pernyataan.pdf

Download (7kB)
[img] Text
325150117_Dennis Anugrah Kurniawan_05 Daftar Isi.pdf

Download (38kB)

Abstract

Dalam perkembangannya Indonesia mempunyai pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi sehingga hal tersebut akan langsung berdampak kepada kinerja lalu lintas. Hal ini membuat pemerintah membuat sebuah konsep baru untuk menghitung nilai kapasitas jalan dan kecepatan arus bebas yaitu dengan konsep PKJI yang diharapkan sebagai penggan MKJI yang telah digunakan sejak tahun 1997. Jumlah penduduk jelas berpengaruh sangat besar terhadap nilai kapasitas jalan dan kecepatan arus bebas dikarenakan dengan perbedaan jumlah penduduk maka akan berbeda mulai dari perilaku pengemudi dan populasi kendaraannya. Sedangkan hambatan samping merupakan dampak terhadap kinerja lalu lintas yang berasal dari aktivitas samping segmen jalan.Hambatan samping yang pada umumnya mempengaruhi kapasitas jalan adalah pejalan kaki, kendaraan parkir dan berhenti,kendaraan keluar-masuk dan kendaraan tidak bermotor. Jalan Bungur Besar Raya, Jalan Danau Sunter Selatan, Jalan Biak Roxy , Jl Hj. Encep Nawawi dijadikan wilayah studi pada penelitian ini terkait beberapa hal, di antaranya adalah pada ruas jalan tersebut terdapat beberapa penggunaan tata guna lahan yang berbeda, dan belum adanya penelitian tentang pengaruh hambatan samping, dan ukuran kota terhadap volume dan kecepatan lalu lintas di ruas jalan tersebut.Penelitian dilakukan dengan cara survei volume lalu lintas harian. Data primer yang digunakan adalah volume lalu lintas, jumlah hambatan samping, dan kecepatan rata-rata kendaraan. Data-data tersebut diolah dengan metode Green Shield untuk mendapatkan nilai kapasitas dari survei untuk dibandingkan dengan MKJI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 22 Apr 2021 14:22
Last Modified: 26 Jul 2021 23:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/18163

Actions (login required)

View Item View Item