Tanggungjawab pelaku usaha dalam memperdagangkan produk susu sgm kadaluwarsa (studi kasus putusan pengadilan tinggi pekan baru nomor 264/PID.SUS/2015/PT.PBR)

Siswanto, Alex (2020) Tanggungjawab pelaku usaha dalam memperdagangkan produk susu sgm kadaluwarsa (studi kasus putusan pengadilan tinggi pekan baru nomor 264/PID.SUS/2015/PT.PBR). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

Hak konsumen diatur dalam Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Republik Indonesia salah satunya hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengonsumsi barang dan/atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggungjawab pelaku usaha yang memperdagangkan makanan kadaluwarsa. Karena itu hak konsumen harus dilindungi agar timbul rasa aman dalam masyarakat. Perlindungan konsumen menjadi perhatian yang serius untuk instansi yang berwenang agar produk kadaluwarsa tidak tersebar dan menimbulkan korban jiwa. Penelitian ini memasalahkan bagaimana tanggungjawab bagi pelaku yang memperdagangkan produk kadaluwarsa dan penerapan undang-undang perlindungan konsumen serta undang undang yang terkait seperti Undang-undang Pangan dan Undang-undang Kesehatan. Untuk mendukung penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan penerapan undang-undang perlindungan kosumen dan undang-undang lainnya yang terkait dengan pangan belum terlaksana sebagaimana mestinya, dimana pelaku usaha sebagai penyedia barang dan jasa tidak memperhatikan kewajibannya sebagai pelaku usaha dan perlindungan hak konsumen. Permasasalahan atau kendala dalam penerapan penegakan perlindungan konsumen baik masalah makanan kadaluwarsa atau sengketa konsumen lainnya yaitu instansi yang berwenang. Hal ini dilihat dari regulasi yang mengatur mengenai kasus ini sudah banyak dan lengkap baik dalam hukum privat maupun hukum publik namun semuanya kembali pada instansi yang memberlakukan hukum perlindungan konsumen tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ibu Dr. A.M. Tri Anggraini, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab Pelaku Usaha, Produk Kadaluwarsa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 01:11
Last Modified: 23 Apr 2021 01:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/18490

Actions (login required)

View Item View Item